Masih Misteri, Kenapa Orang Gila Lebih Jarang Sakit Daripada Orang Waras, Kok Bisa ya ?

Masih Misteri, Kenapa Orang Gila Lebih Jarang Sakit Daripada Orang Waras, Kok Bisa ya ?

Ditengah-tengah masyarakat sering muncul sebuah anekdot menyebutkan bahwa kenapa si kok orang gila sehat-sehat aja padahal gak pernah mandi, makan sembarangan serta kotor dibandingkan dengan orang waras yang mudah gampang sakit. 

Hal tersebut kemudian berkembang menjadi bahan pembicaraan lain yang kemudian memunculkan suatu kesimpulan bahwa orang gila sangat jarang terlihat sakit.

Padahal di Indonesia banyak orang gila terlihat berkeliaran di jalanan, pasar, atau tempat umum lainnya. Mereka kerap berpenampilan kotor, makan dan tidur di sembarang tempat, bahkan sebagian dari mereka terlihat telanjang. Meski begitu, tak ada satupun dari mereka terlihat sakit flu atau sakit lain yang justru kerap dialami oleh orang waras.

Dilansir dari Mojok, setidaknya ada satu alasan mengapa orang gila jarang terlihat sakit, yakni karena imunitas mereka. Orang gila kemungkinan besar memiliki tingkat imunitas lebih tinggi dibanding orang waras pada umumnya.

Ilustrasi Orang Gila Tidur, Sumber Via Tribun Jabar

Dalam laporan dari National Geographic yang ditulis oleh Judith Newman, Mei 2006, berjudul ‘Epidemi Modern Bernama Alergi’, dikatakan bahwa pola hidup manusia yang ‘kotor’ ternyata punya manfaat tersendiri.

Newman melandaskannya pada fakta bahwa alergi masyarakat dunia justru didominasi oleh warga yang tinggal di negara maju. Hal itu disebabkan karena sikap higienis mereka yang sangat menjaga kebersihan tubuh mereka.

Sedangkan di negara berkembang dan negara miskin justru sebaliknya. Kondisi warga yang tak terlalu higienis membuat mereka kerap berinteraksi pada bakteri dan virus berbahaya. Artinya, masyarakat yang terlalu higienis menyebabkan tubuh mereka tak terlatih dengan ancaman bakteri atau virus, sehingga imunitas mereka tak bisa membedakan mana ancaman dan yang bukan.

Nah loh, gimana nih gengs menurut pendapat kalian ? masuk akal gak sih ? 

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"