Masih Makan Sahur Padahal Udah Imsak, Batalkah Puasanya? Ini Penjelasan MUI

Masih Makan Sahur Padahal Udah Imsak, Batalkah Puasanya? Ini Penjelasan MUI

Umat Islam mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan sejak Selasa, 13 April 2021 lalu. Saat berpuasa, seorang Muslim harus menahan lapar, haus, dan segala hawa nafsunya sejak terbitnya matahari hingga waktu ia terbenam. 

Ketika akan menjalankan puasa, umat Muslim disunnahkan untuk makan sahur. Namun, bangun dan makan dini hari membuat seseorang harus beradaptasi.

Ada yang masih susah untuk bangun karena lelah dan mengantuk sehingga bangun menjelang waktu sahur berakhir. Saat itu, ada yang menghentikan makan sahur ketika imsak, ada juga yang menunggu hingga azan Subuh berkumandang. 

Manakah yang benar? Sebab pertanyaan mengenai makan saat sudah memasuki waktu imsyak masih banyak beredar hingga saat ini. 

Ilustrasi Buru-Buru Makan Sahur Saat Mepet Waktu Imsyak (KlikDokter)

Nah, biar nggak bingung. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menjelaskan bahwa umat Islam mulai tidak boleh makan adalah ketika waktu salat sudah masuk. 

"Oleh karena itu supaya puasa kita tidak rusak kita harus berhati-hati. Sebaiknya 5-10 menit sebelum waktu salat Subuh tiba kita sudah selesai dengan persoalan makan dan minum," kata Anwar dilansir dari Kompas.com, Kamis (15/4/2021). 

Dia menjelaskan imsak artinya menahan, yaitu menahan diri dari hal-hal yang dilarang oleh agama ketika berpuasa. Di antaranya, makan dan minum.

Bentuk kehati-hatian Imsak biasanya ditetapkan 10 menit sebelum azan Subuh. 

"Jadi waktu imsak artinya waktu dimana kita mulai menahan diri untuk tidak makan dan minum," imbuhnya. 

Dia menjelaskan pula jika ada yang masih makan saat imsak tidak apa-apa, namun jangan sampai lewat hingga Subuh.

"Iya. Di masa imsak boleh (makan) tapi hati-hati jangan kebablasan sehingga waktu Subuh sudah masuk. Oleh karena itu adanya teriakan-teriakan imsak melalui loudspeaker atau sirine supaya kita sudah bersiap-siap untuk berpuasa karena beberapa menit lagi waktu Subuh sudah akan tiba," ungkapnya. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"