Masih Jadi Misteri, Inilah Potret Gedung Garuda Pak Harto Yang Gagal Dibangun dan Diratakan Tanah, Lebih Bagus Mana dengan Gedung Garuda IKN?

Masih Jadi Misteri, Inilah Potret Gedung Garuda Pak Harto Yang Gagal Dibangun dan Diratakan Tanah, Lebih Bagus Mana dengan Gedung Garuda IKN?

Gedung Garuda diketahui merupakan salah satu proyek era Presiden Soeharto yang rencananya bakal memiliki fasilitas super lengkap nan megah. Sempat dibangun, akan tetapi bangunan tersebut pada akhirnya justru diratakan dengan tanah. Kenapa, ya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini, Gengs!

Di tengah pembangunan yang tidak pernah berhenti seperti saat ini, Indonesia rupanya pernah memiliki gedung berbentuk burung garuda dengan nama Graha Garuda Tiara Indonesia. Gedung tersebut dibangun pada era pemerintahan Presiden Seoharto. Sayangnya, pembangunan gedung tersebut tak berlanjut dan sempat terbengkalai sebelum akhirnya diratakan dengan tanah.

Gedung ini terletak di Jalan Raya Narogong, Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Bogor dan dibangun pada 1995. Awalnya, Graha Garuda Tiara diperuntukkan sebagai wisma atlet untuk ajang SEA GAMES 1997 di Jakarta.

Biar nggak makin penasaran, berikut potret dan cerita selengkapnya mengenai Gedung Garuda yang Dibangun Era Soeharto:

1. Desain Garuda yang Unik

Desain Garuda yang Unik (Okezone.com)

Desain Graha Garuda Tiara tampak unik. Jika dilihat dari atas, gedung ini tampak seperti burung garuda atau garuda pancasila. Dilansir dari merdeka.com, gedung ini dapat menampung 3.000 orang lho, Gengs.

2. Menghabiskan Dana Rp75 Miliar

Sebelum rata dengan tanah, gedung ini sudah menelan anggaran Rp75 miliar dengan kurs Rp2.194 pada saat itu. Namun, gedung tersebut pada akhirnya tak rampung usai Soeharto lengser. Gedung ini jadi salah satu warisan proyek gagal era Soeharto.

3. Dibangun 2 Tahap



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"