Masih Ingat Bocah Berkaki Bola Basket? Gak Disangka Nasibnya Berubah Total Setelah 17 Tahun Berlalu, Sukses Bikin Negara Bangga

Masih Ingat Bocah Berkaki Bola Basket? Gak Disangka Nasibnya Berubah Total Setelah 17 Tahun Berlalu, Sukses Bikin Negara Bangga

Di tahun 2005 silam, sempat viral bocah asal China berkaki bola basket bernama Qian Hongyan. Potretnya saat berjalan dengan bantuan bola basket dan gagang kayu mendadak viral dan langsung membuat pemerintah setempat memberikan perhatian khusus.

Dilansir dari The Sub Daily, Qian sebenarnya terlahir dalam keadaan normal. Namun di usia empat tahun pada 2000, Qian Hongyan mengalami kecelakaan mobil yang melibatkan truk besar di Luiang, Provinsi Yunnan, China. Karena kejadian ini, Qian harus kehilangan kedua kakinya.

Potret Qian Hongyan Dengan Kaki Bola Basket Yang Viral (The Sun Daily)

Sang kakek pun memotong bola basket lalu mengisinya dengan kapas untuk membantunya berjalan lagi. Dari situ lah, dia mendapat julukan 'Gadis Bola Basket'. Di tahun 2005, dia pertama kali menerima anggota badan buatan di Pusat Rehabilitasi China.

Dua tahun setelahnya, Qian memutuskan bergabung dengan klub renang untuk penyandang disabilitas setelah menonton Paralimpiade. Ketika itu, Qian Hongyan merasa tersentuh dan ingin membuktikan dirinya juga mampu untuk berprestasi di tengah keterbatasan. 

Saat usianya menginjak 11 tahun, Qian memulai karirnya di bawah asuhan Zhang Honghu, pelatih renang delegasi Paralimpiade Tiongkok. Qian bekerja keras dan berlatih setidaknya tiga sampai empat jam setiap hari karena dia tahu akan sulit untuk berenang dengan kecepatan normal seperti perenang normal lainnya. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"