Masih Dijaga Keawetannya, Inilah Deretan Pusaka Peninggalan Sunan Kalijaga

Masih Dijaga Keawetannya, Inilah Deretan Pusaka Peninggalan Sunan Kalijaga

Di tanah Jawa, di kenal 9 ulama yang menyebarkan ajaran agama islam, sebutan untuk mereka adalah wali songo, yang songo dalam bahasa jawa artinya sembilan. Masing-masing dari mereka memiliki ciri khas tersendiri dalam menyebarkan agama islam.

Salah satu yang populer dari ke-sembilan wali songo adalah Sunan kalijaga. Sunan kalijaga dikenal cerdik dalam berdakwah, Dia memakai wayang kulit dan kesenian lain untuk menarik umat yang saat itu memeluk agama Hindu dan Buddha.

Selain itu, Sunan Kalijaga juga dikenal memiliki karomah dan ilmu batin yang tinggi, sehingga banyak peninggalan sunan kalijaga yang dianggap sakti. Apa saja peninggalan itu, mari kita simak penjelasan berikut ini.

1. Keris

https://inibaru.id/media/

Keris kiai carubuk ini merupakan bagian dari perjuangan Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama islam. Keris ini dibuat oleh Mpu Supa Madragi dari sebiji besi yang besarnya se-ukuran biji asam.

Dengan keris ini, Sunan Kalijaga berhasil mengalahkan kesaktian keris Setan Kober milik Arya Panangsang saat terjadi pemberontakan di Mataram. Saat ini keris tersebut dijaga oleh keturunan Sunan Kalijaga di Demak.

2. Batu Bobot



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"