Manfaat Mengetahui Kelemahan Diri Sendiri Sebelum Terkena Masalah Karenanya

Manfaat Mengetahui Kelemahan Diri Sendiri Sebelum Terkena Masalah Karenanya

Setiap orang pasti mengejar kesempurnaan dalam hidupnya, walaupun sejatinya tak ada yang tercipta di dunia ini tanpa cacat sedikitpun. Untuk itu manusia belajar, sehingga tahu kekurangan di dalam diri sendiri.

Salah satu wujud ketidaksempurnaan tersebut bisa berupa kelamahan diri. Kelemahan bisa dalam macam kemampuan di sebuah bidang atau bentuk fisik. Keadaan tersebut bisa membuat seseorang terperosok pada rasa tak percaya diri yang akhirnya membatasi geraknya.

Nah jika kalian termasuk orang yang merasa memiliki kekurangan tersebut, jangan menyerah begitu saja. Ketahui kelemahan dan kekurangan diri, jadikan ia sebagai strategi untuk menghindari masalah atau malah kamu manfaatkan sebagai lecutan semangat. Seperti contoh di bahwa ini.

1. Paham kapan kamu harus meminta bantuan

1. Paham kapan kamu harus meminta bantuan Manfaat mengetahui kelemahan diri sendiri (pixabay.com)

Jika kamu memahami apa saja kelemahan yang ada di dalan dirimu, kamu akan mudah untuk memutuskan kapan waktunya minta tolong kepada orang lain. Kamu tidak akan memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan itu. Sebab, jika kamu sudah tahu kalau tidak bisa dan tetap memaksa untuk mengerjakannya, kamu bisa celaka sendiri.

2. Tahu waktu yang tepat untuk menolak permintaan orang

2. Tahu waktu yang tepat untuk menolak permintaan orang Manfaat mengetahui kelemahan diri sendiri (pixabay.com)

Ada kalanya beberapa orang terdekat memintamu mengerjakan suatu hal yang hampir tidak mungkin kamu selaikan. Alasanya tentu karena bidang yang diminta adalah kelemahanmu. Jika sudah paham betul tentang diri sendiri, maka seharusnya kamu bisa dengan mudah menolak permintaan orang lain. 

Kamu paham, jika memaksakan diri untuk mengerjakannya, kamu hanya membuat pekerjaan tersebut menjadi kacau dan amburadul. Simpan terlebih dahulu niatan baikmu daripada yang kamu hanya akan membuat mereka yang mendapat pertolongan kecewa dengan hasil upayamu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"