Manfaat Berpegangan Tangan Buat Tubuh Kita, Emang Ada Ya?

Manfaat Berpegangan Tangan Buat Tubuh Kita, Emang Ada Ya?

Berpegangan tangan setidaknya bisa mengingatkan kita pada dua hal. Pertama, inget gandengan tangan dengan orang tua waktu masih kecil. Kedua, inget betapa deg-degannya pas pertama kali gandengan sama gebetan. Hehehe.

Nah, berpegangan tangan sebenarnya adalah komunikasi non-verbal yang diyakini paling efektif dalam menunjukkan persahabatan.

Di samping itu, sebenernya ada banyak manfaat berpegangan tangan yang bisa kita dapat. Terutama manfaat kesehatan buat tubuh kita. Simak deh nih manfaat berpegangan tangan buat tubuh kita.

1. Menurunkan tekanan darah

1. Menurunkan tekanan darah Bisa menurunkan tekanan darah (freepik.com)

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan Behavioral Medicine, berpegangan tangan dengan orang yang kita cintai bisa menurunkan tekanan darah loh.

Ini terjadi karena waktu kita menggenggam jari orang yang kita sayangi, tubuh kita akan meresposns dengan menciptakan rasa nyaman di hati. Dan karena itulah tekanan darah kita bisa turun.

2. Meredakan rasa nyeri

2. Meredakan rasa nyeri Rasa nyeri bakal reda~ (timesofindia.com)

Penelitian lain yang terbit dalam Journal Psychological Science menemukan fakta bahwa berpegangan tangan memiliki manfaat fisiologis loh. 

Ketika kita berpegangan tangan dengan pasangan atau siapapun mereka, itu akan memberikan efek anestesi. Karena itu nyeri secara fisik akan berkurang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"