Malioboro Bakal Bebas Kendaraan Bermotor Tiap Selasa Wage

Malioboro Bakal Bebas Kendaraan Bermotor Tiap Selasa Wage

Jalan Malioboro bakal bebas kendaraan bermotor tiap Selasa Wage. Tapi kalem, masih uji coba kok.

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta bersama Pemerintah Daerah (Pemda) DIY telah memutuskan untuk menutup Jalan Malioboro. Kawasan itu akan bebas dari kendaraan bermotor. Tapi kalem gengs ... ini hanya uji coba kok.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, Sigit Sapto Raharjo mengatakan bahwa uji coba penutupan jalan tersebut akan dilakukan setiap hari Selasa Wage. Momentum itu akan digunakan untuk "reresik Malioboro" atau bersih-bersih Malioboro.

Jalan Malioboro mau ditutup nih gengs (tourjogja.com)

"Uji coba setiap Selasa Wage, berbarengan dengan PKL yang tidak ada aktivitas di hari Selasa Wage, itu rutinnya gitu," jelas Sigit di Kepatihan, Kamis (13/6/2019), seperti dikutip dari Detik.com.

Sigit menjelaskan, uji coba pertama akan dilakukan pada 18 Juni mendatang. Saat ditutup nanti, Jalan Malioboro akan disulap menjadi semi-pedestrian. Dan demi menyukseskannya, pihaknya bekerjasama dengan telah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

"Untuk penataan lalu lintasnya masih akan ada rekayasa-rekayasa yang perlu dibenahi, salah satunya akses ke Gedung Agung maupun jalan menuju DPRD DIY," katanya.

Tapi kalem, penutupannya cuma uji coba dan cuma setiap Selasa Wage (airyrooms.com)

Sigit melanjutnya, semi-pedestrian di Malioboro itu tidak akan ditutup total untuk kendaraan bermotor. Nantinya akan ada sirip-sirip jalan di sekitar kawasan Malioboro yang bisa diakses masyarakat.

"Misalnya Jalan Sosrowijayan (dari arah barat) masih bisa melintas di depan DPRD sampai depan Malioboro Mall, nanti keluarnya ke Jalan Dagen. Kemudian dari Jalan Sosrowijayan juga bisa belok kiri lewat Jalan Perwakilan," jelas Sigit.

Selama uji coba, sambung Sigit, Malioboro tidak ditutup semuanya. Sebab in adalah semi-pedestrian. Jalan Suryatmajan misalnya, masih bisa dilintasi dua arah. Jalan Perwakilan pun masih bisa dilalui kendaraan.

Kalo ditutup, Jalan Malioboro jadi semi-pedestrian kok (sindonews.com)

Uji coba tersebut juga akan diberlakukan pada jam-jam tertentu. Tepatnya mulai pukul 06.00-21.00 WIB. Nah, setelah uji coba selesai, pemerintah akan langsung melakukan evaluasi bersama.

"Alasan kami melakukan uji coba pada Selasa Wage karena bersamaan dengan kebijakan dari Kota Yogyakarta bahwa semua PKL menghentikan aktivitas di Malioboro, karena Malioboro juga butuh istirahat," tutup Sigit.

Jadi kalem aja nih gengs, Malioboro nggak ditutup lama-lama kok. Kalian masih bisa akses jalan terkenal di Kota Pelajar itu pada 18 Juni nanti.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"