Makanan Ini Aman Buat Kalian, tapi Bahaya untuk Kucing (Bagian 2)

Makanan Ini Aman Buat Kalian, tapi Bahaya untuk Kucing (Bagian 2)

Makanan ini jelas aman buat kalian konsumsi sendiri. Tapi kalo buat kucing malah bahaya.

Di bagian sebelumnya kita udah kasih daftar makanan yang aman buat kalian konsumsi tapi malah bahaya kalo buat kucing. Beberapa di antaranya mulai dari telur mentah, ikan mentah, cokwlat, alpukat, kacang-kacangan, termasuk alpukat.

Semua makanan itu bisa aja kita makan. Tapi ternyata, masing-masing jenis makanan itu punya dampak yang buruk buat kesehatan kucing peliharaan kita loh gengs.

Lagi, seperti dikutip dari IDN Times, ini dia lanjutan deretan makanan yang aman buat kita tapi bahaya untuk kucing. Beberapa di antaranya malah lebih akrab sama lidah kita. Simak deh.

1. Bawang merah dan bawang putih

1. Bawang merah dan bawang putih Jangan dikasih ke kucing ya! (asianscientist.com)

Bawang merah dan bawang putih adalah dua bumbu yang wajib ada dalam masakan kita. Kayaknya nggak sedap gitu makanan nggak pake bumbu dapur ini.

Etapi, kalian jangan sekali-kali ya nyoba ngasih makan kucing dua bumbu dapur penting ini. Entah dimasak atau masih mentah. Soalnya bawang merah dan putih mengandung zat sulfoksida dan disulfida yang bisa meracuni kucing dengan menghancurkan sel darah merahnya.

Kalo termakan, bisa-bisa kucing kalian bakal anemia, lesu, turun berat badan, dan kena masalah pencernaan.

2. Susu

2. Susu Susu buat kucing udah ada sendiri kok, jangan sembarangan gengs! (getpebby.com)

Pernah nggak kalian ngasih kucing kalian susu? Sebaiknya sih jangan lagi deh, soalnya susu mengandung laktosa. Nah, kucing tuh nggak bisa toleran terhadap laktosa.

Kucing bakal kesulitan dalam memproses susu dalam tubuhnya. Soalnya mereka tuh nggak punya jumlah enzim laktase yang cukup untuk memecah laktosa.

Kucing bisa kena diare dan sakit perut, dan mereka nggak akan bilang ke kalian kan? Kalo kalian pengin ngasih susu ke kucing, ada kok produk susu yang dibuat khusus untuk kucing. Yang pasti bebas laktosa kok.

3. Kopi

3. Kopi Kopi juga nih, nggak boleh buat kucing (medicalnewstoday.com)

Buat kalian yang hobi ngopi nih, mending jangan coba-coba ngasih ke kucing ya. Sebab, kandungan kafein dalam kopi sangat berbahaya buat kucing. Bahkan, dosis kecil kafein aja bisa bikin kucing gelisah, napas lebih cepat, tremor, dan jantung berdebar.

Kopi bahkan bisa sebabkan kematian buat kucing loh! Nggak cuma kucing, anjing juga resisten nih terhadap kopi. Mending minum sendiri aja lah, daripada hewan peliharaan kalian mati.

4. Anggur

4. Anggur Anggur, waduh ... bahaya banget! (medicalnewstoday.com)

Anggur tuh buah yang enak. Rasanya kecut-kecut manis gitu, seger deh. Minumannya juga bikin enak (*eh). Tapi plis ... jangan kasih sebutir anggur pun ke kucing ya.

Kenapa? Kucing yang makan anggur bisa jadi "pengangguran" gengs. Serius, nggak bercanda nih ... mereka bisa kena gagal ginjal akut. Tanda-tanda keracunannya bisa dilihat dalam kurun waktu 24 jam setelah dimakan.

Gejalanya adalah muntah-muntah, diare, lesu, dan kelelahan. Tanda-tanda itu berhubungan dengan penghentian fungsi ginjal pada si kucing. Gawat gengs!

5. Tomat hijau dan kentang

5. Tomat hijau dan kentang Kentang dan tomat hijau, mending makan sendiri aja gih (foodnetwork.com)

Tomat hijau enak tuh buat nyambel, seger gimana gitu rasanya. Tapi jangan kalian kasih ke kucing ya. Soalnya tomat ijo mengandung alkaloid beracun yang disebut dengan glycoalkoid solanine.

Itu bisa sebabkan masalah pencernaan buat si kucing. Hal yang sama juga akan terjadi jika kalian memberikan kucing kalian kentang. Jangan gengs, jangan!

Keracunan dua jenis sayuran ini ditandai oleh air liur yang keluar terus, kurang nafsu makan, diare, hingga muntah-muntah. Meski begitu, beberapa makanan kucing juga mengandung tomat sih, tapi nggak banyak. Jadi emang udah disesuaikan buat kebutuhan kucing.

Nah, jadi itu dia gengs deretan makanan yang aman buat kalian konsumsi tapi bahaya kalo kalian berikan pada kucing kalian. Kalo kalian sayang sama mereka, ya kasih makanan yang tepat aja deh. Jangan sembarangan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"