Makan Parutan Kelapa Menyebabkan Kremian? Fakta atau Mitos, Nih?

Makan Parutan Kelapa Menyebabkan Kremian? Fakta atau Mitos, Nih?

Pasti kamu pernah mendengar mitos mengonsumsi parutan kelapa akan menyebabkan kremian atau infeksi cacing kremi, kan? Fakta atau mitos nih, sebenernya?

Cacing kremi merupakan cacing berwarna putih, kecil, dan tipis, yang biasanya menyebabkan anus gatal. Cacing kremi adalah infeksi parasit yang berukuran kecil, sekitar 2-13 mm, dan menyerang usus besar manusia. Penularan cacing kremi terjadi melalui sentuhan langsung dengan kulit atau benda yang terkontaminasi cacing kremi.  

(Dokter Sehat)

Sebenarnya, hubungan antara makan parutan kelapa dan kremian ini hanya sebuah mitos kesehatan yang tidak memunyai kejelasan sumber valid. Infeksi cacing kremi dapat terjadi apabila kelapa parut yang dimakan terkontaminasi telur cacing kremi.

"Penularan cacing kremi bisa melalui sentuhan langsung dengan kulit atau benda atau makanan yang terkontaminasi cacing kremi," jelas dr. Marlyn Cecilia Malonda, dokter anak di Mayapada Hospital Tangerang.

Terlebih, parutan kelapa justru memiliki kandungan nutrisi yang baik. Apalagi parutan kelapa dari daging buah yang sudah tua.

Infeksi cacing kremi juga dapat terjadi ketika cacing kremi betina bertelur di lipatan sekitar anus. Inilah penyebab rasa gatal hebat, terlebih di malam hari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"