Mahfud MD bilang, setiap orang Indonesia harusnya dapet Rp20 juta per bulan. Kok bisa ya? Dari mana dan apa syaratnya?

Pak Mahfud MD, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) bicara soal potensi sumber daya alam Indonesia yang berlimpah. Namun sayang, kekayaan alam dari geologis demografis, katanya, sering 'dimakan' korupsi.

Menurut Mahfud, persoalan tentang korupsi itu emang masalah moral gengs. 

Mahfud MD (Instagram @mohmahfudmd)

"Persoalan sekarang kita itu punya problem moral. Kesetiaan ke republik itu kadangkala kalar terhadap ketamakan pribadi," kata Mahfud dalam Seminar Indonesia Emas 2045 di Universitas Al Azhar, Jakarta, Rabu (7/11/2018) sebagaimana dikutip dari laman IDNTimes.com.

Mahfud melanjutkan, jika tidak ada korupsi, setiap orang di Indonesia bisa mendapat Rp20 juta. Ini disumbang dari kekayaan alam Indonesia. 

Foto Mahfud MD (Instagram @mohmahfudm)

Sayangnya, hal ini tidak akan terjadi karena hutang dan korupsi di Indonesia cukup besar. Mahfud mencontohkan, kebijakan investasi di Indonesia dan Malaysia itu berbeda. Padahal dua negara ini sama-sama mengadopsi perjanjian internasional WTO tahun 1984.

Perjanjian WTO 1984 ini menggunakan asas kesamaan. Jadi, setiap lalu lintas perdagangan bisa terbuka dan tanpa diskriminasi. Menurutnya, kalo di Jakarta mungkin ada SPB Petronas dari Malaysia. Tapi jangan pikir ada Pertamina di Malaysia.



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations