Lulusan UI Tolak Gaji 8 Juta, Emang Berapa Sih Rata-Rata Gaji Fresh Graduate?

Lulusan UI Tolak Gaji 8 Juta, Emang Berapa Sih Rata-Rata Gaji Fresh Graduate?

Belakangan ini, di media sosial sempat  viral informasi soal lulusan Universitas Indonesia (UI) yang menolak gaji Rp8 juta. Di Instagram Story, ia menulis “Hellooo, meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI pak! Universitas indonesia. Jangan disamain sama fresh graduate kampus lain dong ah. Level UI mah udah perusahaan LN, kalo lokal mah oke aja asal harga cocok.” 

Secuil tulisan tersebut kemudian jadi buah bibir di mana-mana. Ya, memang sih lulusan UI, tapi kalau masih fresh graduate, berapa sih memangnya rata-rata gajinya?

Data BPS

Data BPS Lulusan UI tolak gaji 8 juta (Instagram @jogja24jam)

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data kisaran gaji yang disajikan adalah per Agustus 2018 dan sudah update per Maret 2019. Survei ini berdasarkan kategori kelompok umur dan jenis pekerjaan utama, dan bukan berdasarkan lulusan universitas mana ya! Gaji juga digolongkan atas lamanya jam kerja.

Terungkaplah kalau rata-rata gaji bersih karyawan di kelompok umur 20-24 tahun hanya Rp2.240.116 per bulan. Dengan asumsi sih, lulusan UI tersebut ada di rentang usia ini ya. Nah, menurut BPS, gaji paling tinggi ada di jenis pekerjaan tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan, yaitu Rp3.327.742 per bulan. Wow, masih jauh ya dari Rp8 juta yang ditolak?

Fresh graduate (gcoe.sfsu.edu)

Anggap aja rata-rata jam kerja adalah 8 jam dikalikan 5 hari kerja, yaitu 40 jam seminggu. Lalu BPS mencatat gaji untuk lulusan universitas dengan jam kerja antara 35-44 jam per minggu adalah Rp 5.060.039. 

Sedangkan, untuk yang bekerja 25-34 jam per minggu adalah Rp 3.639.062 dan Rp 4.883.674 untuk yang lebih bekerja 45-59 jam per minggu. 

Memang gaji lulusan universitas lebih tinggi dibandingkan pendidikan di bawahnya. Gaji lulusan SD, SMP, SMA, dan universitas, jika dirata-rata adalah Rp 3.374.233 untuk jam kerja 35-44 jam per minggu.

Mencari pekerjaan pertama (ziprecruiter.com)

Nah, untuk rata-rata gaji bersih terendah adalah fresh graduate yang bekerja sebagai tenaga profesional, teknisi dan yang sejenis. Upah per bulan yang diperoleh sekitar Rp1.701.183 per bulan. Untuk gaji tertinggi akan diterima leh kelompok umur 55 tahun sampai 59 tahun yang bekerja sebagai tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan. Rata-rata gaji golongan pekerja senior ini adalah Rp7.830.255 per bulan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"