Lima Hewan yang Dianggap Punah Tetapi Hidup Kembali

Lima Hewan yang Dianggap Punah Tetapi Hidup Kembali

Jika dihitung sejak zaman ratusan juta tahun yang lalu, bisa dibilang 99,9 persen spesies hewan yang hidup di Bumi ini telah mengalami kepunahan. Faktor perubahan alam dan ekosistem menjadi penyebab utamanya. Meskipun tidak menutup kemungkinan adalah ulah campur tangan manusia.

Lima spesies di bawah ini sempat dinyatakan punah oleh para ilmuan fauna dunia. Namun mereka kembali ditemukan hidup entah melalui sebuah riset atau tidak sengaja. Mereka juga dianggap punah sejak puluhan juta tahun yang lalu, tetapi sebagian besar diantaranya punah karena keberadaan manusia. 

Yuk kita tengok apa saja spesies yang sempat dianggap punah ini?

1. Ikan Coelacanth

1. Ikan Coelacanth Hewan kembali hidup dari kepunahan (brandsouthafrica.com)

Ikan ini dianggap hidup pada 65 juta tahun yang lalu melalui penemuan fosil. Tetapi pada tahun 1938, ikan ini ditemukan oleh nelayan Afrika Selatan dalam keadaan masih hidup.

Mereka susah ditemukan karena hidup laut dengan kedalam ratusan meter dan hanya aktif di malam hari. Uniknya Coelacanth juga ditemukan di perairan Indonesia.

2. Kadal Pinokio

2. Kadal Pinokio Hewan kembali hidup dari kepunahan (bingdesktop.com)

Pada tahun 50-an, peneliti di Ekuador menemukan spesies ini di hutan. Tetapi mereka bingung mengapa hanya ada pejantan (berhidung panjang) dari spesies ini? Satu dekade kemudian semuanya lenyap.

Baru tahun 2005, sejumlah pengamat burung menjelajah hutan dan menemukan seekor kadal aneh melintasi mereka. Dan kemudian diketahui kadal itu merupakan ecuadorian horned anole yang telah lama dianggap punah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"