Legenda Danau Toba dan 2 Cerita Lain yang Ada Di Sekitarnya

Legenda Danau Toba dan 2 Cerita Lain yang Ada Di Sekitarnya

Kita mengenal Danau Toba sebagai salah satu danau terbesar yang dimiliki negara Indonesia. Perairan yang terletak di Sumatera ini panjangnya sekitar 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Dan yang paling menarik adalah legenda Danau Toba itu sendiri.

Danau Toba (instagram @samosirvisit)

Yang menarik dari wilayah paling indah di Sumatera Ini, ternyata ada beberapa tempat yang memiliki legenda tersendiri dan terletak di sekitar Danau Toba. Penasaran? Yuk simak legenda danau toba dan 2 cerita lainnya.

Legenda Danau Toba

Kalo ini mungkin sudah banyak yang tahu. Dan untuk mempersingkat penjelasan, cukup poin-poin utama dari cerita saja, ya gengs.

Nama Toba konon berasal dari nama nelayan yang dulu pernah mendiami wilayah ini. Menurut legenda Danau Toba, wilayah yang kini menjadi danau dulunya adalah perkampungan penduduk dan dihiasi oleh pemandanan persawahan.

Legenda Danau Toba (matapelajaran.info)

Nah, suatu hari Toba yang sedang memancing di sungai berhasil mendapatkan ikan. Tanpa diduga, ikan itu bisa bicara dan menjelaskan kepada Toba siapa dirinya.

Setelah itu, sang ikan pun berubah menjadi manusia, kawin dengannya dan memiliki anak bernama Putera. Nggak seperti kedua orang tuanya, Putera tumbuh menjadi anak yang bandel. Hingga akhirnya, Toba mengucapkan kata yang seharusnya nggak boleh diucapkan olehnya.

Danau Toba (instagram @ferryg5)

Akibat perbuatan itu, desa tempat tinggalnya pun langsung terendam banjir yang semakin meninggi dan menjadi danau. Sedangkan anaknya, berubah menjadi Pulau yang kita kenal sebagai Samosir.

Legenda Batu Gantung

Di Pulau Samosir, tepatnya di daerah Simalungun, terdapat batu berbentuk aneh yang menggantung di bukit. Ternyata, batu yang terkenal dengan nama batu gantung itu punya kisah tersendiri. Langsung cuss yuk gengs.

Pada zaman dahulu kala ada keluarga kecil yang hidup di tepi Danau Toba. Keluarga kecil itu hanya terdiri dari suami-istri dan anak perempuan bernama Seruni. Bertiga mereka hidup bahagia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"