Lamphone, Teknik Sadap Terbaru Super Canggih yang Dimiliki Israel

Lamphone, Teknik Sadap Terbaru Super Canggih yang Dimiliki Israel

Lamphone merupakan terobosan baru dunia intilijen Israel dan bahkan dunia. Teknik penyadapan ini menggunakan alat lampu bohlam, cara kerjanya dengan menangkap gelombang suara sangat kecil secara optik melalui sensor elektro-optik yang diarahkan ke lampu bohlam dan menggunakannya untuk menjernihkan percakapan, kemudian suara tersebut dianalisa.

Teknik Lamphone ini dikembangkan oleh salah satu tim peneliti keamanan siber dari Universitas Ben-Gurion bersama Institut Sains Weizmann yang sama-sama berasal dari Israel. 

Mengutip situs Jerusalem Post, Kamis, 18 Juni 2020, cara kerja dari teknik serangan penyadapan ini bergantung pada pendeteksian getaran dari lampu bohlam gantung sebagai akibat dari fluktuasi tekanan udara yang terjadi secara alami ketika gelombang suara menghantam permukaan dan mengukur perubahan kecil dari output lampu itu.

Ilustrasi Penyadapan Oleh Seseorang

Ilustrasi Penyadapan Oleh Seseorang www.pinterpolitik.com

Getaran-getaran kecil inilah yang digunakan untuk mengambil cuplikan percakapan dan menganalisis suara. "Kami mengasumsikan target berada di dalam ruangan yang ada lampu bohlam gantung. Kami juga menganggap penyadap sebagai entitas jahat (hacker) yang tertarik memata-matai target sebagai korban untuk menangkap percakapan dan mengorek informasi," demikian keterangan resmi tim peneliti keamanan siber tersebut.

Teknik penyadapan melalui lampu bohlam atau Lamphone ini bisa saja mengincar informasi seperti nomor kartu kredit korban hingga melakukan pemerasan berdasarkan informasi pribadi yang diungkapkan oleh korban dalam percakapannya.

Adapun alat-alat yang digunakan di antaranya teleskop untuk memberikan pandangan close-up ruangan yang mengandung bola dari kejauhan, sensor elektro-optik yang dipasang pada teleskop untuk mengubah cahaya menjadi arus listrik.

Kemudian, konverter analog ke digital untuk mengubah output sensor menjadi sinyal digital, serta laptop untuk memproses sinyal optik yang masuk dan mengeluarkan data suara yang dipulihkan.

Dengan kemampuan yang super canggih dari Lamphone, nantinya bisa dipastikan segala bentuk penyadapan dan pengintaian dalam rangka untuk mencari informasi penting intilijen akan lebih mudah serta tidak gampang diketahui.

Teknologi Lamphone ini sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan oleh para tim peneliti, rencananya teknologi penyadapan buatan Israel akan dipamerkan di acara Black Hat USA pada 2020 bulan September mendatang.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"