Kyai Haji Hasyim Asy'arie Mendirikan Nahdlatul Ulama, Ini Karomah dan Amalan Beliau

Kyai Haji Hasyim Asy'arie Mendirikan Nahdlatul Ulama, Ini Karomah dan Amalan Beliau

Kyai Haji Hasyim Asy'arie mendirikan Nahdlatul Ulama, salah satu organisasi keagamaan yang terkenal di Indonesia. Kyai Haji Hasyim Asy'arie memang udah belajar agama dan nyantri sejak kecil gengs. Beliau jadi murid KH. Muhammad Kholil bin Abdul Lathif Bangkalan-Madura.

Kyai Haji Hasyim Asy'arie Mendirikan Nahdlatul Ulama

Kyai Haji Hasyim Asy'arie mendirikan Nahdlatul Ulama salah satu orgasisasi Islam terbesar di Indonesia. Beliau juga pendiri pesantren Tebuireng, sekaligus dikenal sebagai tokoh pembaharu pesantren.

Kyai Haji Hasyim Asy'arie mendirikan Nahdlatul Ulama (Twitter @GsMuwafiq)

Pada tanggal 16 Sa’ban 1344 H/31 Januari 1926 M, Kyai Haji Hasyim Asy'arie mendirikan Nahdlatul Ulama di Jombang Jawa Timur. Bersama KH. Bisri Syamsuri, KH. Wahab Hasbullah, dan ulama’-ulama’ besar lainnya, dengan azaz dan tujuannya: 

"Memegang dengan teguh pada salah satu dari madzhab empat yaitu Imam Muhammad bin Idris Asyafi’i, Imam Malik bin Anas, Imam Abu Hanifah An-Nu’am dan Ahmad bin Hambali. Dan juga mengerjakan apa saja yang menjadikan kemaslahatan agama Islam"

Kyai Haji Hasyim Asy'arie mendirikan Nahdlatul Ulama memiliki nama lengkap Muhammad Hasyim bin Asy’ari bin ‘Abdil-Wahid bin ‘Abdil-Halim bin ‘Abdil-Rahman bin ‘Abdillah bin ‘Abdil-‘Aziz bin ‘Abdillah Fattah bin Maulana Ishaq, ayah Raden Ainul Yaqin, Sunan Giri. Lahir pada tanggal 14 Februari 1871 di desa Gedang, Tambakrejo, Jombang, Jawa Timur. 

Kyai Haji Hasyim Asy'arie memiliki beragam karomah. Hal-hal ajaib yang hanya bisa dilakukan segelintir orang. Bukan sulap bukan sihir. Apalagi mistis gengs. Tapi memang karena amalan dan ketaqwaan orang tersebut. Membuatnya jadi istimewa.

Sejak kecil Kyai Haji Hasyim Asy'arie sudah nyantri (Twitter @jackRIbo)

Hasyim Asy’ari muda pernah diuji oleh sang Guru ketika mau nyantri. Dia diminta untuk naik ke atas pohon bambu. Kyai Kholil mengawasi dari bawah dna terus memintanya naik ke atas.

Hingga akhirnya sampai pucuk dan diminta langsung loncat ke bawah. Kyai Haji Hasyim Asy'arie mendirikan Nahdlatul Ulama di kemudian hari itu akhirnya selamat sampai ke bawah.

Saat berusia 13 tahun, beliau sudah menjadi guru pengganti (badal) di pesantren untuk mengajar santri-santri yang tidak jarang usianya lebih tua dari beliau.

Kyai Haji Hasyim Asy'arie mendirikan Nahdlatul Ulama juga pernah mencarikan cincin istri Kyai Kholil yang hilang di kamar mandi. Hingga akhirnya cincinnya ketemu dan hubungan keduanya semakin baik.

Kyai kholil memberikan tongkat dan tasbih ketika Kyai Haji Hasyim Asy'arie mendirikan Nahdlatul Ulama. Keduanya sama-sama rendah hati dan saling berguru satu sama lain. Hubungan baik ini berlangsung hingga keturunan selanjutnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"