Kunci Rahasia Bagi TNI Agar Bisa Kalahkan AS yang Pernah Dibeberkan Jusuf Kalla

Kunci Rahasia Bagi TNI Agar Bisa Kalahkan AS yang Pernah Dibeberkan Jusuf Kalla

Sejauh ini, militer Amerika Serikat (AS) disebut-sebut sebagai salah satu kekuatan militer terkuat di dunia. Meski begitu, ternyata militer Indonesia punya peluang besar untuk mengalahkan negara adidaya itu.

Suatu kali, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla pernah membeberkan kunci rahasianya. Menurutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto perlu mengetahui hal ini.

Hal ini pernah diungkap Jusuf Kalla saat memberikan pembekalan kepada Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) XLVII Sekolah Staf dan Komando atau Sesko TNI di Markas Sesko TNI, Bandung, Jawa Barat pada Agustus 2020 lalu.

Jusuf Kalla beberkan kunci rahasia kalahkan AS (kompas.com)

Dalam kesempatan itu, Jusuf Kalla membagikan resep kepemimpinannya. Menurut Jusuf Kalla, meskipun secara metode kepemimpinan sangat berbeda antara pemimpin sipil dan militer, ada prinsip yang sama.

Prinsip yang dimaksud adalah memberi inspirasi, motivasi, dan melakukan eksekusi.

"Memang ada perbedaan antara metode kepemimpinan militer dan sipi, tapi secara prinsip sama saja yaitu pemimpin harus bisa memberikan inspirasi kepada anak buahnya, dalam hal ini bagaimana menyelesaikan misi," kata Jusuf Kalla.

"Kemudian memberi motivasi. Kalau kita lihat kekalahan Amerika di beberaa tempat seperti Irak dan Afghanistan, itu karena pasukannya tidak motivasi dalam bertempur," lanjutnya.

"Dan terakhir, pemimpin harus melakukan eksekusi atau pengambilan keputusan, itu yang terpenting," kata Jusuf Kalla.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"