Korea Utara dan Korea Selatan Membuka Ruang Dialog Melalui K-pop

Korea Utara dan Korea Selatan Membuka Ruang Dialog Melalui K-pop

Hari Minggu kemarin (1/4/2018), East Pyongyang Grand Theatre menjadi saksi bisu atas apresiasi pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un. Di dampingi sang istri Ri Sol-Ju, Kim Jong-Un bertepuk tangan setelah beberapa lagu dilantunkan. Yang menarik, lagu-lagu itu justru dibawakan oleh musisi asal negeri yang selama ini bersitegang dengannya: Korea Selatan (Korsel).

Kim Jong-Un juga tampak senang menyaksikan gelaran konser ini lantaran selama lebih dari satu dekade terakhir kedua negara saling menutup diri untuk berdialog. Konser itu sendiri dihadiri lebih dari selusin musisi Korsel di antaranya penyanyi senior Cho Yong-Pil dan Lee Sun-Hee. Selain itu, tampil pula penyanyi baek Ji-Young, bintang rock Yoon Do-Hyun, personil girl band SNSD Seo-Hyun dan girl band Red Velvet.

Acara ini digelar saat perayaan musim semi, seiring berseminya hubungan kedua negara bertikai. Secara perlahan, keduanya bersepakat untuk kembali membuka ruang dialog demi kedamaian dan kerukunan kedua negara bertetangga ini. Lebih lanjut, Kim Jong-Un juga mengajak musisi Korsel untuk datang kembali ke negerinya untuk perayaan musim gugur mendatang.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"