KONI Peduli Jantung Atlet, Begini Cara CPR yang Benar Menurut Ahli Kesehatan

KONI Peduli Jantung Atlet, Begini Cara CPR yang Benar Menurut Ahli Kesehatan

Penyakit jantung belakangan telah menjadi masalah serius, tak terkecuali untuk atlet dan pegiat olahraga. Bagaimana tidak, telah banyak kasus henti jantung yang menyerang olahragawan saat sedang berada di lapangan, termasuk Markis Kido dan Christian Eriksen.

Nyatanya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa fakta penyakit jantung adalah pembunuh nomor 1 di dunia, pada rentang Tahun 2000-2019. Di Indonesia, penyakit jantung juga berada pada urutan pertama.

Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Ketua KONI Pusat (YouTube Era.id)

Olahragawan yang diasumsikan sehat pun tak luput dari serangan jantung. Jika tidak ditangani dengan baik, kasus kematian seperti yang dialami oleh Markis Kido akan menjadi momok. Sedangkan Eriksen sangat beruntung karena mendapat penanganan yang tepat dari rekannya saat itu.

Untuk menghindari hal yang fatal, pihak KONI menggelar webinar yang bertema Jantung Sehat Bagi Atlet dan Pegiat Olahraga. Acara digelar KONI Pusat dan PP PERKI yang bekerjasama dengan VOI.ID, ERA.ID dan Paragram.id Kamis, 1 Juli 2021 jam 10.00 WIB.

Salah satu pembicaranya adalah Staf Medik Kardiologi Pediatrik dan Penyakit Jantung Bawaan, Radityo Prakoso. Di dalam acara, dia menyebutkan tentang teknik CPR yang benar menurut standard kesehatan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"