Kisah Pria di Cina yang Rela Jual Ginjal untuk Beli iPad dan iPhone, Miris Gak Sih?

Kisah Pria di Cina yang Rela Jual Ginjal untuk Beli iPad dan iPhone, Miris Gak Sih?

Setiap kali Apple meluncurkan seri terbaru iPhone-nya, lelucon-lelucon soal jual ginjal mulai beredar di media sosial. Netizen, dengan cara yang lucu, mengatakan bahwa mereka harus menjual ginjal mereka untuk membeli iPhone. Ya wajar sih, harga iPhone memang tak terjangkau kalangan buruh macam kita kita ini. Kecuali kalian anak sultan.

Unik sekaligus miris, seorang pria muda di China ini malah mengubah lelucon tadi menjadi kenyataan pada tahun 2011. Ketika ia memutuskan untuk menjual ginjalnya demi membeli iPhone 4 dan iPad2.

# Pria Berusia 17 Tahun yang Rela Jual Ginjal Demi Gadget

Potret Wang Shangkun yang menjual ginjal demi iPhone (makassar.tribunnews.com)

Pria bernama Wang Shangkun ini berusia 17 tahun, ketika di tahun 2011 ia memutuskan untuk merelakan satu ginjalnya.

Akibat keputusan konyol itu pula, ia kemudian terbaring di tempat tidur dan terhubung ke mesin dialisis setelah menderita defisiensi ginjal.

Beberapa bulan setelah menjalani operasi, ia mengalami infeksi di ginjal yang tersisa, yang mengakibatkan kegagalan organ. Setiap bulan berlalu, kondisi kesehatannya semakin memburuk. Pada satu titik, kondisinya menjadi sangat parah sehingga dia tidak bisa turun dari tempat tidur. Karena itu, ia membutuhkan cuci darah setiap hari untuk membersihkan darahnya dari racun.

# Didekati dan Dibujuk Secara Online oleh Orang Tak Dikenal

Apa yang terjadi sepuluh tahun lalu itu tentu bikin kita merasa prihati. Sebegitunya kah, pengaruh kapitalisme pada mental seorang anak remaja?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"