Kisah Pilu LDR Pierre Tendean dan Rukmini, Nggak Sempat Nikah Karena G30S

Kisah Pilu LDR Pierre Tendean dan Rukmini, Nggak Sempat Nikah Karena G30S

Gerakan 30 September 1965 atau G30S menjadi peristiwa kelam dalam sejarah Indonesia. Banyak jika-jiwa yang gugur dalam masa itu, salah satunya adalah Pierre Tendean. Kini, mungkin banyak dari kalian yang mengenal Pierre Tendean sebagai tentara Pahlawan Revolusi yang super cakep.

Sebenernya, dia adalah ajudan Jenderal Besar TNI A.H. Nasution. Pierre Tendean ikut diculik dan tewas dalam Lubang Buaya dengan jenderal-jenderal lainnya. Kemudian, Pierre mempunyai gelar Pahlawan Revolusi sebagai penghargaan dari Republik Indonesia.

Pierre Tendean (Wikipedia)

Ternyata, di balik itu, ada kenyataan dan kisah cinta pilu dalam hubungan pribadinya. Sebenernya, Pierre berencana untuk menikahi kekasihnya pada November 1965. Tapi, rencana itu nggak jadi terlaksana karena dia lebih dulu tiada.

Sebelum nyeritain kisah cintanya, kita mesti ketahui dulu, latar belakang sosok Pierre Tendean. Jadi, dia lahir di Jakarta, 21 Februari 1939 dari pasangan Tendean dan Cornett ME.

Pierre menamakatkan SD di Magelang, lalu meneruskan sekolahnya di Semarang. Ia berpindah-pindah karena mengikuti ayahnya bertugas. 

Setelah lulus SMA, Pierre Tendean yang tertarik di dunia militer akhirnya memilih buat menempuh pendidikan di Akademi Teknik Angkatan Darat (ATEKAD) di Bandung pada tahun 1958.

Abis lulus, ia lalu menjadi Komandan Pleton Batalyon Zeni Tempur 2 Kodam II / Bukit Barisan di Medan. Setahun setelahnya, ia bersekolah di Sekolah Intelijen Negara, Bogor. Nggak lama setelah itu, ia bertugas di Dinas Pusat Intelijen Angkatan Darat dan jadi mata-mata di Malaysia.

Lalu, pada 15 April 1965, Piere jadi Letnan Satu dan jadi pengawal pribadi A. H. Nasution.

Kisah Cinta Pilu dengan Rukmini

Kisah Cinta Pilu dengan Rukmini Rukmini (Merdeka.com)

Sementara itu, Pierre punya kekasih dengan nama Rukmini Chaimin atau biasa dipanggil Rukmini. Ia tinggal di Medan.

Pertemuan mereka juga terjadi saat Pierre Tendean bertugas di Medan sebagai Komandan Pleton Batalyon Zeni Tempur 2 Kodam II/Bukit Barisan. Dikarenakan Pierre harus ngejalanin pendidikan di Bogor, akhirnya dirinya dan Rukmini mesti ngejalanin hubungan jarak jauh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"