Kisah Pencipta Lagu Garuda Pancasila yang Pernah Merasakannya Dinginnya Penjara

Kisah Pencipta Lagu Garuda Pancasila  yang Pernah Merasakannya Dinginnya Penjara

Mengingat lagu Garuda jadi ingat sosok Sudharnoto, sang pencipta lagu Garuda Pancasila yang dulu mungkin sering kita nyanyikan saat sekolah. 

Pria ini pernah dipenjara lantaran dikaitkan dengan G30S/PKI, penyebabnya karena ia adalah seniman Lekra.

Perjalanan Sudharnoto

Perjalanan Sudharnoto Sudharnoto(boombastis.com)

Perjalanan panjang Sudharnoto di kancah kesenian nasional berawal saat dirinya mengisi siaran musik RRI bersama Orkes Hawaiian Indonesia Muda pimpinan Maladi. 

Dari sana, pria kelahiran Kendal, Jawa Tengah, pada 24 Oktober 1925 itu kemudian diangkat Kepala Seksi Musik RRI Jakarta.

Latar belakang Sudharnoto sendiri cukup unik. Dikenal sebagai seniman musik di zaman Orde Lama, dirinya merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Hal ini tak lepas dari kedua orang tua Sudharnoto yang ternyata piawai memainkan beragam alat musik seperti gitar, seruling, dan biola.

Menurut Hersri Setiawan dalam Kamus Gestok yang dikutip dari Historia menuliskan, Sudharnoto banyak belajar soal musik seperti piano, not balok dan aransemen pada musikus kenamaan pada saat itu, yakni Josh Cleber, Daljono (Pak Dal), Maladi (pendiri RRI dan mantan menteri), Soedjasmin (Orkes Angkatan Kepolisian RI), dan Soetedjo (Orkes ALRI).

Kemampuan Sudharnoto dalam musik pun semakin berkembang hingga kemudian mengisi siaran musik RRI. Dirinya juga didapuk sebagai pengisi acara khusus dengan tajuk “Hammond Organ Sudharnoto”. Pada tahun 1956, Sudharnoto bersama rekannya yang bernama Prahar menciptakan lagu Mars Pancasila dan kemudian menjadi Garuda Pancasila.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"