Kisah Odysseus Bertemu Sirene hingga Penyihir, Bukti Sejak Dulu Godaan Wanita Ujian Pria

Kisah Odysseus Bertemu Sirene hingga Penyihir, Bukti Sejak Dulu Godaan Wanita Ujian Pria

Banyak makhluk aneh yang dijumpai Odysseus selama perjalanannya yang panjang dari Troy ke Ithaca. Ada monster dan makhluk mitologis, tapi yang paling menyusahkan adalah perempuan. 

Tiga di antaranya adalah Circe, Sirene dan Calypso, yang semuanya terbukti menjadi penghalang yang sulit dan menakutkan untuk perjalanan pulang Odysseus.

Setelah melarikan diri dari pulau Laestrygonian yang kanibalistik, Odysseus dan krunya menemukan Aeaea dan rumah Circe, yang disebut sebagai penyihir sekaligus bidadari. Dia memiliki pengetahuan luas tentang ramuan dan herbal.

Kisah Odysseus (greeka.com)

Odiseus dan setengah krunya tinggal di kapal sementara yang lain pergi mencari Aeaea. Kelompok pencari sampai di rumah Circe. Digambarkan sebagai rumah besar di tanah terbuka di tengah hutan lebat.

Di sekeliling rumah ada singa dan serigala, yang awalnya menakuti para kru. Tapi ternyata mereka sangat jinak. Belakangan diketahui kalau hewan-hewan ini adalah korban Circe. Diubah dari manusia jadi hewan.

Di rumahnya, Circe menyambut kru Odysseus sebagai tamu. Memberi mereka makan keju dan madu yang udah dikasih ramuan. Mengubah semua kru jadi babi.

Kecuali satu yang berhasil melarikan diri untuk memperingatkan Odysseus dan separuh kru lainnya tentang apa yang telah terjadi. Odysseus pergi ke rumah Circe untuk menyelamatkan anak buahnya.

Circe (tes.com)

Langkahnya dihentikan oleh dewa Hermes, yang dikirim oleh Athena. Hermes memberitahu Odysseus tentang ramuan yang disebut moly yang akan melindunginya dari ramuan Circe.

Karena gak mempan dengan ramuannya, Odysseus meyakinkan Circe untuk mengubah krunya kembali menjadi manusia dan membebaskan mereka.

Odiseus juga bertemu dengan sirene yang terkenal selama pengembaraannya. Sirene adalah makhluk setengah burung setengah wanita yang bertengger di bebatuan di tepi laut dan menyanyikan lagu-lagu indah. Memikat pria hingga mereka menolak untuk pergi lalu mati kelaparan.

Serem juga ya...



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"