Kisah Misteri Gong Si Bolong yang Menjadi Ikon Tugu Kota Depok, Sering Mengeluarkan Bunyi Gamelan di Malam Hari

Kisah Misteri Gong Si Bolong yang Menjadi Ikon Tugu Kota Depok, Sering Mengeluarkan Bunyi Gamelan di Malam Hari

Kota Depok memiliki sebuah ikon berupa tugu yang berdiri sekitar 3 meter. Di ujung pucuk tugu tersebut, terdapat sebuah replika gong bolong.

Gong yang disebut dengan istilah Gong Si Bolong ini ternyata memiliki sejarah dan misteri yang cukuplegendaris. Gong Si Bolong sendiri merupakan kesenian dari kota Depok yang berasal dari daerah Tanah Baru. 

Biasanya gong ini dimainkan untuk memadukan seni musik dan juga tari dengan nuansa silat. Deretan peristiwa gaib ini pun mulai bermunculan sepanjang kisah Gong Si Bolong. Setiap malam, para warga sekitar kerap mendengar bunyi gamelan yang mengalun walaupun tak ada perayaan apa pun.

Kisah misteri Gong Si Bolong yang menjadi ikon tugu Kota Depok (kompas.com)

Suatu malam, tokoh agama bernama Jimin tak sengaja mendapati sumber suara tersebut dari seperangkat gamelan yang ditemukan pada tahun 1549 di sekitar Kali Krukut, Tanah Baru, Depok.

Saat itu, Tanah Baru berbatasan dengan Ciganjur sehingga masih menjadi kawasan yang penuh hutan dan rawa. Tak banyak pula penduduk yang tinggal di sekitarnya. 

Singkatnya, Jimin yang menemukan seperangkat alat gong itu pun membawa pulang dan ia merasa ada sesuatu yang aneh. Ia kerap mendengar gong tersebut berbunyi dengan sendirinya tanpa ada yang memainkan.

Hingga kemudian, alat musik tersebut menjadi warisan turun temurun keluarganya dan berkembang menjadi sanggar pertunjukan seni hiburan yang populer.

Namun, Tim Z Creators,  Vivi Sanusi menghubungi penjaga Gong Si Bolong bernaa Krista dan ia engan untuk ditanyakan mengenai gong tersebut. Kebetulan, Gong Si Bolong yang asli memang disimpan di sebuah ruangan khusus tak jauh dari tugu.

Tetapi menurut warga sekitar, Gong Si Bolong ini memang misterius karena satu pun tak ada yang pernah melihat wujud aslinya seperti apa.

“Gong Si Bolong memang penuh kisah mistis. Saya juga belum pernah melihat langsung gong aslinya. Cuma dengar cerita orang-orang saja," ucapnya sambil berlalu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"