Kisah Kuil Berusia 500 Tahun, Hilang Misterius dan Muncul di Tengah Sungai Tiba-tiba

Kisah Kuil Berusia 500 Tahun, Hilang Misterius dan Muncul di Tengah Sungai Tiba-tiba

Kuil kuno berasal dari abad ke-15 atau 16 sebelumnya telah hilang dan tenggelam. Tapi, ratusan tahun setelahnya malah ditemukan kembali oleh orang-orang. Duh, kok bisa sih?

Jadi, kuil kuno yang dulunya tenggelam itu ditemukan oleh Tim survei arkeologi dari Lembaga Pemelihara Seni dan Warisan Budaya Nasional India (intach) di negara bagian Odisha. Kuil kuno tersebut ditemukan di Sungai Mahanadi yang berhulu di Cuttack. 

Kuil di tengah sungai (dream.co.id)

Terlihat bagian atas kuil yang terendam air, tepat di tengah sungai. Terlihat kontruksinya yang bergaya Mastaka, terendam di kedalaman 18,2 meter. Kalo dari bangunannya, kuil diperkirakan dibangun pada abad 15 atau awal 16 Masehi. Uniknya, kuil ini sebenernya udah sering terlihat di musim panas saat air nggak begitu dalam. 

Kuil misterius tersebut rupanya dibangun untuk Gopinath Dev. Wilayah ini dahulu kala dianggap sebagai 'Satapatana' pada masa-masa awal. Akibat bencana banjir, aliran air sungai pun berubah. Di abad ke-19, patung-patung dewa dari kuil yang rentan tenggelam dipindahkan dan dipasang di tempat aman yang lebih tinggi. Akhirnya, sekarang menjadi kuil Dev Gopinath di desa Padmavati.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"