Kisah-kisah Menakjubkan tentang Jasad yang Masih Utuh Meski Telah Dikubur Puluhan Tahun

Kisah-kisah Menakjubkan tentang Jasad yang Masih Utuh Meski Telah Dikubur Puluhan Tahun

Ada banyak hal yang menakjubkan dalam hidup ini. Semua yang gak mungkin, di satu sisi, bisa jadi mungkin. Misalnya kisah-kisah menakjubkan tentang jasad yang masih utuh meski telah dikubur puluhan tahun.

Umumnya, jasad atau jenazah seseorang akan hancur secara bertahap. Ini terjadi karena sirkulasi darah yang berhenti. Termasuk tidak adanya oksigen yang masuk dan tubuh tidak bisa mengeluarkan kotoran. Maka, tubuh seseorang yang telah mati akan membusuk.

Kisah-kisah tentang jenazah yang tidak membusuk ini kerap dikait-kaitkan dengan hal spiritual. Misalnya berbagai kebaikan yang dilakukan almarhum semasa hidupnya. Namun secara ilmiah, kejadian itu dikaitkan dengan adiporesa yaitu senyawa organik yang terbentuk melalui reaksi hidrolisis oleh bakteri anaerob pada jaringan adiposa atau jaringan lemak di dalam tubuh.

Inilah kisah-kisah menakjubkan tentang jasad yang masih utuh meski telah dikubur puluhan tahun.

Jasad kiai NU yang ditemukan masih utuh meski telah dikubur puluhan tahun (Facebook Santri Ndalem)

#1 Jasad kiai NU

Baru-baru ini, media sosial kembali dihebohkan dengan kabar penemuan jenazah seorang tokoh agama yang dikenal sebagai Kiai Anwar Sudibyo. Jenazah kiai NU ini ditemukan masih utuh meski telah dimakamkan selama 31 tahun.

Lelaki yang dulunya akrab disapa Mbah Kiai Anwar Sudibyo ini adalah sesepuh NU di Tambakan, Blitar, Jawa Timur. Sang kiai NU meninggal dunia pada tahun 1988 silam.

Temuan jasad kiai NU yang masih utuh ini dibagikan oleh akun Facebook Santri Ndalem. Dia membagikan kisah pembongkaran makam Kiai Anwar Sudibyo pada Maret 2020 lalu. Pemilik akun menyebutkan kalo kondisi jenazah sang kiai NU 90% masih utuh.

#2 Jenazah satu keluarga di Ciamis

September 2018 lalu, warga Ciamis dihebohkan dengan temuan jenazah satu keluarga yang masih utuh. Padahal, jenazah-jenazah itu telah dimakamkan bertahun-tahun yang lalu. Selain tampak utuh, jenazah satu keluarga itu juga tidak mengeluarkan bau busuk.

Jenazah satu keluarga itu terdiri dari Jalaludin yang dimakamkan 35 tahun silam, Sasmita dimakamkan 14 tahun yang lalu, dan Kaimita Nurkamila yang meninggal pada 2013 lalu.

Pihak keluarga pun berniat untuk memindahkan jenazah-jenazah yang masih utuh itu ke pemakaman di Depok. Pihak keluarga tak kuasa menahan haru ketika melihat kondisi tiga jenazah itu berada dalam kondisi utuh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"