Kisah Kelam Kenapa Israel Menyerang Palestina, Nggak Ada Hubungan Soal Agama

Kisah Kelam Kenapa Israel Menyerang Palestina, Nggak Ada Hubungan Soal Agama

Sudah jadi pemberitaan tentara Israel bertubi-tubi melancarkan serangan ke wilayah Gaza di Palestina. Palestina tak tinggal diam, melalui pasukan dan warna sipil sering melawan kekuatan Israel. Memang kenapa Israel menyerang Palestina ?

Konflik keduanya kadang dianggap sebagai konflik berbau agama. Padahal sejak tahun 40-an, suasana panas memang sudah terjadi di jalur Gaza. Entah sudah berapa juta orang mati sia-sia akibat konflik Israel dan Palestina. 

Israel dan Palestina pertama kali tersulut konflik ketika Israel medeka pada tahun 1948. Warga Palestina merasa tak terima dengan kemerdekaan Israel hingga memicu peperangan pada waktu itu selama beberapa tahun.

Peperangan Israel dan Palestina (Grid.ID)

Sebenarnya peperanan bisa tersulut dan mereda. Namun pihak Israel diduga terlalu menguasi banyak wilayah yang bekas kekuasaan Inggris, termasuk kota Yerusalem, sedangkan Mesir menguasi Gaza. Perubutan wilayah Gaza ini membuat Palestina dan Israel kembali memanas setelah Israel merebut Gaza pada tahun 1967.

Perebutan wilayah itu ternyata menjadi alasan besar kenapa Israel dan Palestina sulit berdamai.Israel dan Palestina kerap melancarkan serangan sampai sekarang. Memang pasukan Israel lebih kuat karena memiliki alat tempur dan persenjataan.

Sementara pasukan Palestina tak sekuat tentara Israel. Bahkan masyarakat sipil kadang melawan tentara Israel hanya menggunakan batu-batuan. Tentara Israel punya senjata seperti bom yang bisa membumihanguskan kawasan Palestina kapanpun mereka mau.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"