Kisah Guru Honorer Gaji Rp350 Ribu Sebulan, Selesai Ngajar Kerja Sampingan Jadi MUA

Kisah Guru Honorer Gaji Rp350 Ribu Sebulan, Selesai Ngajar Kerja Sampingan Jadi MUA

Pepatah mengatakan "Guru adalah Pahlawan tanpa Tanda Jasa". Ya, kemungkinan emang bener banget, sih. Banyak kisah para guru yang bahkan mengalami kesulitan hidup karena gaji yang sangat tidak layak dibandingkan dengan kinerjanya. Terutama bagi mereka yang masih berstatus guru honorer. 

Padahal, guru adalah sosok yang sangat penting dalam pembangunan bangsa ini. Meski begitu, tak sedikit orang yang merelakan waktu dan tenaganya untuk menjadi seorang pengajar dengan bayaran yang tak seberapa. Oleh karenanya, tak ayal bila beberapa guru honorer juga memiliki kerja sampingan.

Seperti misalnya guru honorer yang satu ini. Ceritanya menuai sorotan publik dan bikin salut. Bukan tanpa sebab, mengaku hanya digaji Rp350 ribu perbulan sebagai guru honorer, ia akhirnya bekerja sambilan sebagai penata rias atau make up artist (MUA).

Pengalaman tersebut dibagikan oleh Minha sendiri lewat akun @minhamua di TikTok pada Minggu (24/10/2021) lalu. Dalam video berdurasi kurang dari semenit tersebut, Minha membagikan kesehariannya, dimulai dari mengendarai motor ke tempat kerja.

"Guru honorer gaji 350 ribu, cek," tulisnya dalam keterangan video.

Guru Honorer Gaji Rp350 Ribu Sebulan, Selesai Ngajar Kerja Jadi MUA (TikTok/@minhamua)

Sambil mengendarai seperda motor berwarna merah, tampak Minha juga membawa tas berisi peralatan makeup. Meski begitu, ia tak langsung pergi menghadap klien. Sebagai guru, ia terlebih dahulu mesti mengajar murid-murid di sekolah.

"Ke sekolah bawa perlengkapan alat makeup, dari pagi sampai siang ngajar," kata Minha. 

"Selesai ngajar langsung ke lokasi," lanjutnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"