Kisah Firaun Zaman Nabi Musa dan 3 Hal Menarik Darinya, Ngeri!

Kisah Firaun Zaman Nabi Musa dan 3 Hal Menarik Darinya, Ngeri!

Nabi Musa adalah salah satu nabi yang dikenal dalam tradisi tiga agama besar Samawi, yakni Yahudi, Nasrani dan Islam. Kisah perjuangannya untuk menyebarkan agama Tuhan dan melawan pemerintahan yang lalim dicatat dalam kitab-kitab suci keagamaan.

Dan satu hal yang paling kita ingat ketika membicarakan kisah Nabi Musa adalah mukjizatnya yang mengagumkan, yakni membelah lautan. Lebih tepatnya, membelah Laut Merah.

Mengapa? Jika kita membaca dari kitab suci, Nabi Musa lari dari kejaran Firaun. Pelarian atau yang lebih dikenal dengan istilah eksodus ini dilakukannya bersama dengan jutaan Bani Israil yang berhasil dibebaskan dari perbudakan Firaun.

Kalau melihat dari cerita-cerita dan catatan sejarah atau temuan arkeolog, kita bisa menemukan kalau Firaun adalah sosok yang benar-benar ada. Dia adalah sebutan bagi raja dari kerajaan yang mendiami wilayah sekitar daerah yang kini kita sebut Mesir.

Eksodus Bani Israil (ancient-origins.net)

Pertanyaannya, siapakah Firaun yang berkuasa pada zaman Nabi Musa? Apakah kamu pernah menanyakannya dan penasaran? Kalau iya, langsung cekidot aja, ya.

Firaun Ramses II, yang terkuat dalam sejarah Mesir

Firaun yang berkuasa di kisah Nabi Musa bernama Ramses II. Dia adalah Firaun ke-III dari dinasti ke-19 yang memerintah wilayah Mesir selama 66 tahun. Berdasarkan penelitian sejarah, Firaun yang melawan Nabi Musa ini tepatnya berkuasa di Mesir pada tahun 1279-1213 SM. 

Selama masa pemerintahannya, Ramses II dikenal sebagai raja yang keji. Dia bisa melakukan apa pun demi kejayaannya. Salah satunya adalah memperbudak Bani Israil, hal yang memicu perlawanan dari Nabi Musa.

Meskipun keyakinan sejarahwan demikian bulat mengenai peran Ramses II saat melawan Nabi Musa, hal ini nggak sesuai dengan temuan atau bukti arkeologisnya. Hingga kini, mayat dari Ramses II yang berhasil dimumifikasi disimpan dan dipajang di Museum Kairo.

Sering berperang dan invasi daerah lain

Semasa dirinya menjadi raja, Ramses II telah melakukan banyak sekali peperangan. Dalam 66 tahun masa kekuassaannya, hasil temuan sejarahwan, Firaun yang melawan Nabi Musa ini sudah melakukan delapan perang besar.

Firaun zaman Nabi Musa (independentpakistan.com)

Perang pertama dilakukannya kala menaklukan daerah Suriah. Dalam perang ini, dirinya berhasil menaklukan Pangeran Canaanite dan menjadikannya sebagai tahanan.

Perang Suriah terjadi lagi hingga empat kali. Dan dalam setiap perang, Ramses II berhasil masuk ke daerah pertahanan kerajaan Suriah. Membuat kerajaan ini nggak bisa berbuat banyak.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"