Kisah Bangsawan Timor Leste Ratu Azia Borromeu, 20 Tahun Tinggal di Pengungsian Karena Hal Ini

Kisah Bangsawan Timor Leste Ratu Azia Borromeu, 20 Tahun Tinggal di Pengungsian Karena Hal Ini

Seperti kita tau, Indonesia dan Timor Leste sempat mewarnai ketegangan dahulu kala. Ini menimbulkan 2 kubu yakni mereka yang milih kemerdekaan Timor Timur sebagai negara mandiri dan mereka yang milih tetap jadi bagian dari NKRI.

Di saat itu, Ratu Alas-Manufahi, Aziza Borromeu lebih memilih untuk ikut Indonesia pada tahun 1999. Namun, ia merasa kesetiaannya pada negara Indonesia nggak mendapatkan balasnya.

Ratu Azia Borromeu (timordaily.com)

Ia dengan rakyatnya berharap Indonesia akan menjamin hidupnya. Sayang sekali, semua itu belum terwujud sampai sekarang. Ia tinggal di penampungan sederhana selama 20 tahun. Tepatnya, di pengungsian LP3T, Sukabitetek, Desa Leuntolu, Kecamatan Raimanuk dengan eks Timor Timur lainnya.

Setelah itu, sebagai bentuk protes, Ratu memilih tinggal di hutan bareng rakyatnya dengan tenda darurat dengan atap terpal dan berdinding daun kelapa. Pada Juli 2019, ia mengaku akan tinggal di situ sampai ada kejelasan soal nasib rakyatnya.

Ratu Azia Borromeu (tribunnews.com)

Aksi tersebut dilakukan bertepatan dengan peringatan Integrasi Timor Timur ke Indonesia semenjak 17 Juli 1975. Lalu, juga buat mengenang 5 tahun meninggalnya Raja Alexandrino Borromeu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"