Keren! Bus Anti Peluru Satu-satunya di Indonesia Ada di Papua, Begini Penampakannya

Keren! Bus Anti Peluru Satu-satunya di Indonesia Ada di Papua, Begini Penampakannya

Indonesia, tepatnya di Papua memiliki sebuah bus yang berbeda dengan bus-bus pada umumnya. Bahkan dari seluruh dunia, bus ini disebut-sebut the only one alias satu-satunya di Indonesia alias lagi cuma satu dan nggak ada yang lainnya.

Penasaran seperti apa dan se-istimewa apa busnya? Sebelumnya, simak ulasan berikut in, ya.

Bus ini adalah bus anti peluru dengan desain super kuat yang terdapat di Mimika Papua, milik PT Freeport Indonesia.

Kalau biasanya moda transportasi digunakan untuk berwisata atau perjalanan jauh, bus ini justru khusus untuk mengangkut karyawan Freeport Indonesia yang jaraknya 80 kilometer atau sekitar 2,5 - 3 jam perjalanan dari Terminal Gorong Gorong dan Bandara Moses Kilangin Timika menuju Tembagapura.

Fasilitasnya memang nggak selengkap dan semewah bus yang melintasi tol Trans Jawa. Namun bus ini dapat menjamin keselamatan para penumpang.

Bus Anti Peluru Satu-satunya di Indonesia Milik PT Freeport (Google)

FYI aja nih, perjalanan dari Timika ke Tembagapura sangat berisiko, lho. 

Selain kondisi jalan yang terjal, pada beberapa titik sering terjadi penembakan oleh KKB atau Kelompok Kriminal Bersenjata. Maka dari itu, bus karyawan Freeport Indonesia dilengkapi dengan menggunakan teknologi anti peluru. Nggak lucu banget kan kalau setiap mengangkut karyawan ada yang tertembak. 

Untuk diketahui, PT Freeport Indonesia adalah salah satu perusahaan tambang terkemuka di dunia, PT Freeport Indonesia melakukan eksplorasi, menambang, dan memproses bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak.

Seluruh aspek dari PT Freeport begitu berharga, termasuk para karyawannya. Oleh karena itu, keselamatan mereka adalah nomor satu.

Bus yang dimodifikasi dari truk Iveco Trakker 380 4×4 yakni bak belakang diganti dengan manhaul bus bodies. Tiap unit bus buatan Italia tersebut bisa menampung 56-60 orang penumpang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"