Gini lho gaes alasannya kenapa orang bisa merasakan geli saat digelitik.

Untuk beberapa orang, saat beberapa bagian tubuh disentuh rasanya sangat menggelitik. Alhasil, kita pun tertawa terbahak, gak jarang sampai keluar air mata atau ngompol karena saking lucunya.

Ternyata eh ternyata, fenomena geli akibat sentuhan dari luar ini sudah jadi pertanyaan fisiolog sejak lama, lho. Banyak dari mereka yang berusaha memahami, mengapa ada orang yang bisa menikmatinya, mengapa ada yang tidak dan cenderung jengkel saat digelitik.

Geli (activeherb.com)

Nah, untuk Paragengs nih, yuk simak penjelasan di bawah. Kamu akan jadi lebih memahami, kenapa manusia bisa merasakan geli saat digelitik.

Apa itu geli?

Sejauh ini, fisiolog sudah menemukan 2 jenis geli. Yang pertama disebabkan oleh sentuhan ringan atau gerakan di beberapa bagian tubuh. Sensasi ini disebut "knismesis".

Geli (galla.seelenfluegel.info)

Knismesis sih gak bakal membuat kita tertawa. Hanya saja, akibat sentuhan ringan itu, kita akan merasakan apa yang disebut sensasi merinding.

Biasanya sih kamu bakal merasakan merinding saat kedinginan, atau ada hewan yang tiba-tiba mendekat dan menyentuh kulit tubuh.

Geli (galla.seelenfluegel.info)

Jenis kedua dari geli adalah "gargalesis". Istilah ini digunakan untuk menjelaskan sentuhan yang menghasilkan tawa. 

Mengapa manusia bisa merasakan geli?

Hingga hari ini, peneliti baru menemukan 3 hipotesis yang menjadi penyebab manusia merasakan geli. Yang pertama adalah untuk memperkuat hubungan emosional. Hubungan yang dimaksud bisa jadi antara ibu dan anak, lingkungan pertemanan, atau asmara sepasang kekasih.



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations