Kenapa Sih Makan Bawang Bikin Keringat dan Napas Kita Bau?

Kenapa Sih Makan Bawang Bikin Keringat dan Napas Kita Bau?

Makanan di Tanah Air rata-rata ya pasti pake bawang buat bumbunya. Minimal ada bawang merah, bawang putih, bawang bombai, termasuk juga daun bawang. Soalnya kayak nggak sedep gitu kalo nggak nambahin bawang sebagai bumbu utama masakan.

Giliran udah makan nih, kan puas tuh ya kita. Tapi kalian pernah nggak sih ngerasa kalo mulut kalian pasti ikutan bau bawang deh. Keringat kita juga ikutan bau bawang gengs. Itu kenapa ya?

Beberapa jenis bawang (sydneymarkets.com.au)

Cordelia Running, direktur laboratorium Air Liur, Penglihatan, Pencernaan, dan Lidah (SPIT) dari Purdue University, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa bau tidak sedap setelah mengonsumsi makanan tertentu disebabkan oleh sisa makanan yang terperangkap di dalam mulut. Misalnya, molekul yang tersisa di air liur kita.

Dalam hal ini, Running menjelaskan, makanan yang mengandung bawang putih dan bawang bombai dapat membuat bau mulut lebih lama karena bawang memiliki molekul yang berhubungan dengan rasa dan aroma yang bisa masuk ke aliran darah. Bahkan, bisa beredar pula ke seluruh tubuh.

Ya gimana dong ... bawang kan penting buat masakan kita (shared.com)

"Begitu molekul itu mengalir di dalam darah, mereka dengan mudah akan keluar melalui cairan di antara sel-sel, termasuk air liur dan keringat. Hal inilah yang membuat bau bawang menempel lebih lama," kata Running, seperti dikutip dari Kompas.com.

Running menambahkan, senyawa itu juga mengalir lewat paru-paru dan tenggorokan sebelum keluar melalui mulut. Hal ini juga berkontribusi pada bau mulut setelah makan.

Bawang, berdasarkan sebuah studi, memiliki zat yang mudah meresap. Itulah alasan jika wanita hamil kebanyakan mengonsumsi makanan yang mengandung bawang, maka cairan ketubannya bisa beraroma bawang pula.

Bawang punya senyawa yang akan mengalir dalam tubuh ketika dimakan (medcom.id)

Running menjelaskan, saat bawang putih atau bawang bombai dicincang, maka sel-sel di dalam bawang akan rusak dan membuat aromanya keluar.

Terus, gimana tuh cara menghilangkan bau bawang yang gampang nempel di tubuh kita?

Running melanjutkan, untuk kebersihan mulut, kita perlu gosok gigi sampe bersih. Cara ini tergolong efektif untuk menghilangkan partikel makanan yang tertinggal di mulut. Apalagi bau bawang.

Coba cek deh, masih bau bawang nggak mulut kalian? (smartmouth.com)

"Namun, hal ini tidak bisa mencegah senyawa tertentu mengalir ke aliran darah. Ini akan membuat Anda beraroma bawang untuk sementara waktu," lanjut Running.

"Jika itu semua tidak berhasil, sabarlah menunggu. Beberapa orang memiliki waktu berbeda untuk menghilangkan bau bawang. Namun kebanyakan dalam hitungan jam, bau akan hilang," tutup Running.

Jadi sebenernya, kita cuma harus sabar gengs. Sabar banget sampe bau bawang dari tubuh kita lenyap dengan sendirinya. Ditunggu aja gengs, hehehe.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"