Kenapa Sih Ikan Bau Amis? Padahal Kan Mandi Terus ...

Kenapa Sih Ikan Bau Amis? Padahal Kan Mandi Terus ...

Kenapa sih ikan kok bau amis ya? Padahal kan mandi terus tuh ....

Setiap hari kita mandi, ada yang dua kali atau malah lebih. Giliran udah mandi, ada aja di antara kita yang masih bau. Ya wajar sih, mungkin karena gerah dan kita aktif banget setiap hari.

Terus kalo ikan ... tiap hari kan mereka mandi. Hidupnya di air malah. Kenapa juga masih tetep bau ya? Bau amis pula ....

Ikan kan setiap hari mandi nih, kok bisa bau amis juga ya? (oceana.org)

Nah, soal kenapa ikan bau amis tuh ada penjelasannya gengs. Jadi sebenernya, ikan tuh nggak bau gengs. Kalo bau juga masih bau segar karena baru keluar dari laut.

Ikan bisa bau amis tuh karena mereka udah terpapar cahaya matahari selama beberapa jam. Yang paling penting nih, yang mesti kalian tau ... bau amis yang muncul dari ikan tuh terkait dengan proses pembusukan alami dan beberapa fisiologis unik dari makhluk laut.

Ikan jadi bau amis tuh karena proses pembusukan alami (lbb.in)

Seperti dikutip dari Kompas.com, air laut sendiri mengandung tiga persen garam. Nah, kadar optimal mineralnya terlarut dalam sel hewan yang kurang dari satu persen aja.

Untuk menjaga keseimbangan cairan, makhluk laut harus mengisi sel mereka dengan asam amino dan amina untuk melawan rasa asin air laut. Ikan-ikan di laut tuh mengandalkan trimethylamine oxide (TMAO) untuk melakukan hal tadi.

Kalo bau amis dari ikan sendiri muncul ketika mereka mati. Saat mati, bakteri dan enzim ikan akan mengubah TMAO tadi menjadi TMA atau trimethylamine. Itu tuh yang mengeluarkan bau amis.

Bau amis itu sebenernya bisa jadi indikator kesegaran ikan loh (delamer.ca)

Satu-satunya ikan yang udah bau amis duluan bahkan sebelum ia mati adalah ikan cod yang hidup di air dingin.

Keberadaan zat TMA tadi sebenernya juga digunakan sebagai indikator seberapa segar ikan-ikan tersebut. Soalnya, ikan yang masih segar dan baru ditangkap nggak beraroma busuk.

Sementara, ikan yang udah beberapa jam mati akan mengeluarkan aroma amis itu.

Buat kalian yang mau masak ikan dan nggak suka bau amisnya ikan, kalian bisa menguranginya dengan memberi perasan lemon, cuka, atau tomat. bahan makanan ini bisa membuat zat TMA mengikat air dan menjadi kurang stabil. Dengan cara itu, bau amis bakal sinar.

Kalo ikan air tawar mah beda lagi, baunya tuh khas gitu (viva.co.id)

Sementara kalo ikan air tawar tuh umumnya nggak menumpuk zat TMAO. Sebab, lingkungan tempat ikan itu berenang nggak asin ... kan ya tawar sih.

Akibatnya, daging ikan air tawar umumnya cenderung lebih lembut dan mereka nggak berbau amis kayak ikan laut. Mereka yang hidup dan berenang terus di air tawar itu emang nggak amis, mereka justru memiliki aroma berlumpur, "bau tanah". Itu lebih nggak enak lagi sih kalo salah mengolahnya.

Kalian lebih suka ikan yang mana gengs, ikan laut atau ikan air tawar? Ikan teri? Enak nih keknya makan ikan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"