Kenapa Sedekah Bisa Memperlancar Rejeki? Ini Nih Alasan Ilmiahnya ...

Kenapa Sedekah Bisa Memperlancar Rejeki? Ini Nih Alasan Ilmiahnya ...

Sejatinya, agama apa pun di dunia ini sama-sama mengajarkan tentang cinta dan kasih sayang kepada sesama. Meski caranya masing-masing berbeda, semua ajaran tertuju kepada kebaikan.

Salah satu kebaikan pun bisa didapatkan dengan bersedekah. Sejak lama, bersedekah dianggap bisa memperlancar rejeki untuk kita. Kok bisa ya? Ya bisa dong, kan udah jelas tuh ... barang siapa menanam, maka dia juga yang akan menuai, bukan?

Rupanya, hal ini juga sudah dibuktikan secara ilmiah orang para ahli lho gengs. Nah, dikutip dari IDN Times, coba simak deh nih alasan ilmiah kenapa sedekah bisa memperlancar rejeki buat kita.

1. Semakin kaya seseorang, semakin dia ingin lebih banyak bersedekah

1. Semakin kaya seseorang, semakin dia ingin lebih banyak bersedekah Semakin kaya, semakin dia ingin bersedekah (nst.com.my)

Zoe Chance dari Yale University dan Michael Norton dari Harvard Business School, Amerika Serikat, pernah melakukan penelitian tentang perilaku sedekah. Secara psikologis, menurut mereka, seseorang lebih merasa kaya dari mereka yang sebenarnya karena memberi sedekah.

Itu dia kenapa banyak orang-orang kaya yang cuma segelintir di Bumi ini punya sering bersedekah. Tapi hebatnya, kekayaan mereka kayak nggak pernah berkurang tuh gengs.

2. Indeks kebahagiaan dan produktivitas meningkat

2. Indeks kebahagiaan dan produktivitas meningkat Sedekah tuh bikin kita bahagia gengs (shutterstock.com)

Bersedekah akan memenuhi kebutuhan batin kita. Dampaknya baik, sedekah akan meningkatkan indeks kebahagiaan seseorang loh. Orang-orang yang bahagia pun bisa lebih produktif. Dan ketika orang itu produktif, kekayaan juga akan mengalir kepadanya.

3. Bisa menurunkan tingkat stres

3. Bisa menurunkan tingkat stres Sedekah tuh anti-stres gengs (iantomlinson.co.uk)

Orang dengan tingkat stres rendah pasti lebih produktif, dan karenanya bakal lebih sukses deh. Orang yang nggak tertekan, umumnya memiliki kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan yang lebih tinggi.

Seseorang yang beramal, akhirnya akan mendapat keuntungan juga. Ya, dari arah yang tak terduga-duga.

4. Sedekah merangsang otak di bagian pemenuhan kebutuhan dasar

4. Sedekah merangsang otak di bagian pemenuhan kebutuhan dasar Sedekah tuh emang kebutuhan dasar manusia kok (shutterstock.com)

Saat berbagai kebutuhan dasar terpenuhi, seseorang jelas bakal lebih produktif. Hal itu termasuk kemampuan kita untuk lebih baik lagi dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu, bersedekah tuh menciptakan perubahan psikologis dalam diri seseorang.

Coba aja kalo nggak percaya.

5. Bersedekah akan merangsang empati dan kasih sayang

5. Bersedekah akan merangsang empati dan kasih sayang Sedekah akan merangsan empati dan kasih sayang kita (theconversation.com)

Secara nggak langsung, orang lain yang kalian sedekahi akan menganggap kalian sebagai manusia baik hati. Dalam banyak situasi, hal ini tergolong jarang lho di jaman sibuk kayak sekarang.

Dampak baiknya, mereka akan semakin tertarik dengan kalian dan mulai mengakui kualitas kepemimpinan kalian. Coba pikir deh, bukankah itu yang membuat kita jadi lebih percaya diri?

6. Sedekah itu melayani, dan melayani akan mengarahkan kita pada kesuksesan

6. Sedekah itu melayani, dan melayani akan mengarahkan kita pada kesuksesan Orang yang bersedekah pasti sukses deh (business.linkedin.com)

Dengan bersedekah, apa pun bentuknya, orang lain akan terinspirasi untuk melakukannya juga. Jika sedekah ini dilakukan kepada bawahan kalian di kantor, mereka jelas akan menganggap kalian sebagai pemimpin yang baik. Itu logis gengs.

7. Sedekah bisa meningkatkan relasi sosial kita

7. Sedekah bisa meningkatkan relasi sosial kita Relasi sosial kita akan terbangun dengan baik deh (medicalnewstoday.com)

Bersedekah akan membuat seseorang menerima niat baik kita dalam hati dan pikiran mereka. Yang penting kalian tulus dan nggak mengharap apa-apa dari sedekah tersebut ya.

Dengan sedekah kalian itu, mereka akan merasa senang dengan kalian, entah dalam relasi bisnis atau relasi sosial pada umumnya.

Gimana, dampak dari sedekah tuh hebat kan? Lakukan sekarang, pedulilah pada orang lain di sekeliling kita. Sebab, apa yang kita tanam, maka itulah yang akan kita dapatkan nantinya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"