Kenapa Orang Tidak Suka dengan Hari Senin? Ini Penjelasan Pakar

Kenapa Orang Tidak Suka dengan Hari Senin? Ini Penjelasan Pakar

Besok hari Senin? Tentu pertanyaan itu kadang ditanyakan banyak orang saat menyambut hari pertama di awal pekan. Ketika membahas tentang hari Senin banyak yang tidak bersemangat. Lalu kenapa banyak orang tidak suka dengan hari Senin?

Menurut laporan The Huffington Post banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mood orang di hari Senin cenderung sangat buruk. Menurut pakar kesehatan mental, ada beberapa alasan yang mendasari kenapa hari Senin terasa sangat memberatkan banyak orang.

Kondisi Tubuh

Kondisi tubuh seseorang yang banyak istirahat di hari  Minggu kemudian harus bangun pagi di hari Senin tentu jadi hal yang memberatkan. Jika hari sebelumnya orang bisa tidur berjam-jam bahkan sepanjang hari namun saat hari Senin semua jadi berubah.

“Memperoleh ekstra jam tidur di akhir pekan adalah hal yang baik, tetapi mengubah pola tidur setiap lima sampai enam hari bisa mengganggu ritme alami tubuh,” jelas Neuropsikolog Sanam Hafeez mengutip dari detikedu.

Belum lagi saat orang pergi seharian di hari Minggu dan kurang istirahat atau kurang waktu tidur malam. Makanya banyak orang yang suka mengantuk pada hari Senin karena mengantuk akibat jam tidur yang kurang.

Kenapa Orang Tidak Suka dengan Hari Senin, Ini Penjelasan Pakar (Kompas.com)

Kembali ke Rutinitas Pekerjaan

Menurut Hafeez hari Senin harusnya semangat memulai hari kerja yang baru. Tapi tidak sedikit orang yang malah jadi malas berangkat ke kantor karena tidak menyukai pekerjaannya. Bisa jadi ada masalah di kantor, pekerjaan yang bukan passion-nya, atau memiliki atasan dan rekan kerja yang membuatnya jadi tidak semangat datang ke kantor.

Tidak Ada Persiapan

Kebanyakan orang tidak melakukan berbagai persiapan saat hendak memasuki hari Senin. Misalnya persiapan bekerja yang seharusnya disiapkan di hari Minggu malah akhirnya dilakukan pada Senin pagi hari dan membuat seseorang jadi stres.

“Saat seseorang tidak bersiap, dia secara tidak sadar juga bersiap untuk gagal. Apabila hari Minggu tidak dimanfaatkan untuk bersiap, hari Senin bisa menjadi menegangkan dan sulit dihadapi,” ujar Hafeez.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"