Kenapa Gus Baha Selalu Pakai Peci Hitam dan Berkemeja Putih?

Kenapa Gus Baha Selalu Pakai Peci Hitam dan Berkemeja Putih?

Gus Baha adalah nama yang tak asing lagi di kalangan Muslim Nusantara. Dia adalah seorang ulama yang nama aslinya KH Ahmad Bahauddin Nursalim.

Gus Baha banyak dikenal dan diidolakan peserta pengajian. Penampilannya sederhana, tetapi ilmunya sangat mendalam.

Dalam setiap penampilannya, Gus Baha selalu berpeci hitam dan berkemeja putih. Gus Baha belum pernah ditemui di hadapan publik tanpa mengenakan peci hitam dan kemeja putih.

Gus Baha (nusadaily.com)

Penampilannya memang sederhana. Tapi Gus Baha bukan orang sembarangan dalam ilmu agama loh. Dia telah selesai menghapal Al-Quran sejak masih kecil. Kakek buyutnya sendiri dikenal sebagai ulama ahli Al-Quran dan qiraat.

Saat masih remaja, Gus Baha mondok di Pondok Pesantren (PP) Al-Anwar, Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Di sana, Gus Baha diasuh oleh KH Maimoen Zubair (alm.) yang biasa disapa Mbah Moen.

Selama mondok di Sarang, kelimuan Gus Baha terus diasah di bidang agama. Dia pun kian menjadi santri yang menguasai tafsir, hadist, fikih, dan bahasa Arab. Banyak kitab-kitab klasik yang telah dikuasainya.

Memiliki keilmuwan yang tinggi tak lantas membuat Gus Baha tampil bermewah-mewahan. Dia selalu memakai kemeja putih lengan panjang dan peci hitam yang sering dipakai agak miring ke belakang. Penampilannya ini adalah khas santri meski dia tak lagi berstatus santri.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"