Kenapa Ada Motor yang Disebut "Motor Bebek"? Begini Asal-usulnya

Kenapa Ada Motor yang Disebut  "Motor Bebek"? Begini Asal-usulnya

Motor bebek merupakan jenis motor yang melekat oleh orang Indonesia. Padahal jenis motor bebek bukan sebuah merek seperti motor-motor merek Honda atau Yamaha. Motor bebek adalah sepeda motor yang dibangun di atas kerangka yang sebagian besar terdiri dari sebuah pipa berdiameter besar. Desain motor bebek ini dikenal sebagai "step-through" di Barat.

Dilansir dari Wikipedia, motor bebek cukup populer di seluruh dunia, meskipun di bagian Asia Timur dan Asia Tenggara adalah dua wilayah di dunia yang sangat mendominasi segmen motor bebek dengan harga yang ramah di kantong karena kemudahan penggunaan seperti skuter yang cocok untuk semua kalangan, pria dan wanita.

Motor bebek memiliki kapasitas mesin dari 48 cc dan hanya mampu berjalan dengan maksimal kecepatan 50 km/jam. Disebut motor bebek karena desain motor jika dilihat dari samping sama seperti lekukan bebek, yang paling terlihat dengan adanya fairing tipis kiri dan kanan yang menyerupai sayap bebek.

Motor Bebek (MotorPlus Online)

Fairing tipis yang mirip dengan sayap bebek sudah ada sejak motor-motor jenis Honda C70 sampai Honda SupraX, Yamaha V70 sampai Yamaha Jupiter Z1 dan merek motor lainnya, termasuk Suzuki Bravo hingga Suzuki Shooter.

Jadi motor yang dinamakan motor bebek bukan menjadi identik dari sebuah merek motor, lebih kepada desain. Masyarakat pun menyebut motor-motor dengan desain mirip sayap bebek disebut dengan motor bebek.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"