Kemunculan Ikan Mas Danau Toba dan Mitosnya Sebagai Penanda Akan Datangnya Sebuah Bencana

Kemunculan Ikan Mas Danau Toba dan Mitosnya Sebagai Penanda Akan Datangnya Sebuah Bencana

Baru-baru ini warga setempat Danau Toba digegergkann dengan penemuan ikan mas danau toba dengan berat mencapai 15 kg!. Penemuan ikan mas di Danau Toba seringkali dikaitkan dengan pertanda akan datangnya bencana, memang kenapasih ada pihak yang mengaitkan ikan mas ini dengan bencana?

Erond L Damanik, seorang Antropolog dari Universitass Negeri Medan (UNIMED) menyebutkan bahwa selama ini beredar cerita rakyat tentang terbentuknya Danau Toba berawal dari seorang lelaki yang menangkap ikan mas jadi-jadian.

https://cloud.jpnn.com/photo/

"Memang, kalau di dalam salah satu mitologi, terjadinya Danau Toba itu kan soal seorang laki-laki yang menangkap ikan di sungai tapi ikan itu jelmaan ikan mas," kata Erond, Rabu (12/8/2020).

Dalam cerita rakyat ini, diungkapkan bahwa seseorang yang menangkap ikan mas hendak memotong ikan mas tersebut, namun ikan mas tersebut berucap bahwa dia sesungguhnya adalah sesosok jelmaan dari Putri Kerajaan.

Tetapi berubahnya ikan mas menjadi sosok Putri ini memiliki syarat, yaitu harus di simpan di ruangan yang tidak dilihat sama sekali oleh si lelaki ini selama tiga hari, dan dia akan berubah menjadi putri!. Akhirnya si lelaki ini percaya dan memberi waktu bagi ikan mas untuk berubah menjadi manusia.

Ternyata setelah 3 hari, benar saja ikan mas ini berubah menjadi seorang putri yang membuat lelaki jatuh hati, dan akhirnya karena telah jatuh hati pada wanita jelmaan, lelaki ini pun menikahinya, tetapi dengan syarat si lelaki tidak boleh menyebut bahwa dirinya adalah jelmaan ikan.

Seiring bejalannya waktu, keduanya disebut punya anak. Nah, saat melihat kelakuan anaknya, si pria ini mengumpat dengan menyebut si anak merupakan keturunan ikan. Umpatan ini pun diadukan sang anak kepada ibunya, yang mana membuat ibunya marah besar mengetahui perlakuan suaminya yang telah melanggar janji.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"