Kementrian Perindustian Akan Menggenjot Produksi Sepatu Nasional

Kementrian Perindustian Akan Menggenjot Produksi Sepatu Nasional

Melalui Kementerian Perindustrian, Indonesia tengah mengincar posisi ketiga dalam industri bahan sandang alas kaki. Sebab, setiap tahunnya Indonesia memproduksi 1,1 milyar pasang alas kaki. 800 juta pasang di antaranya ditujukan untuk pasar dalam negeri, sementara ratusan juta sisanya diekspor ke Eropa dan Amerika Serikat.

Besarnya angka produksi ini hanya menempatkan Indonesia di posisi keempat. Tiga teratasnya masih dipegang oleh Tiongkok, disusul India. Sejauh ini, 86 persen produk alas kaki dunia masih dipegang Asia dengan 80 persen hasil produksi Tiongkok. Sementara Vietnam menempati posisi ketiga dengan total produksi 1,2 milyar pasang per tahun meski lebih banyak diekspor ke berbagai negara.

Berkat kemudahan dan intervensi pemerintah, Kementerian Perindustrian berharap Indonesia mampu menempati posisi ketiga pada 2018 ini. Sebab, pangsa pasar Indonesia masih berada di kisaran 3,3 persen. Andai terus digenjot, setidaknya kita bisa menyamai produksi Vietnam. Atau setidaknya, usaha perlu lebih dikerahkan dengan membuat seratus juta pasang alas kaki lagi untuk mengugguli Vietnam.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"