Kementerian Agama Tetapkan 17 Mei 2018 sebagai Awal Puasa

Kementerian Agama Tetapkan 17 Mei 2018 sebagai Awal Puasa

Pemerintah telah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018 esok. Penetapan ini dikeluarkan menyusul Sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Kesepakatan sidang isbat dibuat berdasarkan dua hal, yakni perhitungan hisab dan laporan petugas yang telah disumpah di lapangan. Tugas mereka adalah melihat hilal dari 95 titik. Dengan demikian, umat Islam di Indonesia akan melaksanakan salat tarawih pada Rabu (16/5/2018) malam.

Sidang Isbat oleh Kemenag diawali dengan pemaparan dari tim hisab dan rukyat mengenai posisi hilal jelang awal bulan Ramadhan. Sidang Isbat sendiri berlangsung setelah laporan hasil pengamatan hilal dari lokasi pemantauan dilakukan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Sidang Isbat tahun ini dihadiri oleh duta besar negara-negara sahabat, sejumlah anggota Komisi DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Selain itu, hadir pula lewat undangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Pakar Falak dari sejumlah ormas Islam, serta Tim Hisab dan Rukyat Kemeterian Agama RI.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"