Kecoa Hidup Tanpa Kepala Karena Punya Kemampuan Ini, Beda dengan Manusia dan Hewan Lainnya

Kecoa Hidup Tanpa Kepala Karena Punya Kemampuan Ini, Beda dengan Manusia dan Hewan Lainnya

Kecoa adalah musuh banyak orang. Mau cewek atau cowok, remaja hingga dewasa, pasti ada yang takut sama kecoa. Kecoak biasa makan dari sampah organik yang telah membusuk, bahkan kotoran hewan lain. Bikin jijik dan males ketemu doi.

Kecoa terbang menjadi sumber ketakutan. Bahkan sampek dibuat meme. Yang lebih ngeri lagi, kecoa hidup tanpa kepala. Meski udah terpotong dia tetep bisa gerak gengs.

Ada ribuan jenis kecoa yang hidup di dunia, mencapai 4.500 spesies. Tapi yang biasa berinteraksi dengan manusia hanya 30 aja. Kecoa memang hewan yang sangat tangguh. Dia bisa beradaptasi dengan perubahan jaman dan bisa bertahan hingga saat ini.

Kecoa hidup tanpa kepala (nanovina.com.vn)

Gimana Caranya Kecoa Hidup Tanpa Kepala?

Dilansir dari New Scientist, Ahli fisiologi dan biokimia University of Massachusetts Amherst, Joseph Kunkel ngejelasin gimana kecoa bisa hidup tanpa kepala.

Pemenggalan kepala pada manusia bikin kehilangan banyak darah dan turunnya tekanan darah yang menyebabkan gangguan terhadap sirkulasi oksigen dan nutrisi pada jaringan vital tubuh. Manusia juga bernafasnya lewat hidung yang ada di kepala.

Nah, kecoa bisa hidup tanpa kepala karena sistem aliran darah dan pernafasannya beda sama manusia dan hewan lainnya. Kecoa gak pake jaringan pembuluh darah. Mereka punya sistem peredaran darah terbuka dimana distribusi darah ke seluruh tubuh gak melewati pembuluh darah.

Darah kecoa gak perlu lewat pembuluh darah. Jadi kalau kepalanya kepotong darah tetep bisa ngalir. Makanya kecoa hidup tanpa kepala. Kecoa juga bisa bernafas melalui spirakel, lubang ventilasi kecil di bagian-bagian tubuhnya.

Terus kalau kecoa hidup tanpa kepala, gimana cara membunuh kecoa dong?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"