Kebutuhan Makin Melonjak, Begini Cara Mengatasi Dampak Stres Finansial

Kebutuhan Makin Melonjak, Begini Cara Mengatasi Dampak Stres Finansial

Stres finansial adalah beban psikologis yang muncul akibat tekanan finansial atau ketidakpastian dalam hal keuangan. Kebutuhan yang makin mendesak tanpa dibarengi kemampuan keuangan jelas membuat seseorang merasakan beban sangat berat. Kondisi ini memang cukup menyiksa, dan seringkali tak bisa diatasi dengan cepat. Apakah kamu juga pernah atau sedang mengalaminya?

Tidak sedikit orang yang melakukan perbuatan nekat demi keluar dari himpitan ekonomi. Namun meskipun stres finansial dapat memiliki dampak serius pada kesehatan mental, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi dan mengurangi dampaknya. Berikut ulasannya, sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Lakukan Aktivitas Relaksasi

Cara Mengatasi Stres Finansial (via Superlive)

Masalah keuangan pada dasarnya bisa dialami oleh siapa saja, bahkan saat kamu telah merencanakan semua dengan baik. Banyak ketidakpastian dalam hidup yang bisa membuat seseorang terjatuh dan terpuruk. Dalam hal ini, stres finansial juga melibatkan merawat kesehatan mental secara keseluruhan.

Karenanya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengelola emosi dan kondisi mental. Lakukan aktivitas relaksasi seperti meditasi, yoga, berjalan-jalan, atau hal yang kamu suka untuk membantu meredakan stres. Meski demikian, pastikan kamu tetap tahu batas dan jangan menghamburkan banyak uang lagi agar tidak menimbulkan masalah lain.

2. Evaluasi Lagi Sistem Keuanganmu



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"