Kata Mutiara Bahasa Jawa Kromo Inggil, yang Namanya Mutiara Selalu Indah Kalo Dimaknain

Kata Mutiara Bahasa Jawa Kromo Inggil, yang Namanya Mutiara Selalu Indah Kalo Dimaknain

Bahasa Jawa dikenal sebagai bahasa yang kaya akan makna. Dan sebelum kita memahami kata mutiara bahasa Jawa Kromo, ada baiknya sedikit kita pelajari juga tentang apa dan penggunaan dari bahasa Jawa dalam pergaulan sehari-hari.

Penggunaan bahasa ini sendiri dibagi ke dalam tiga tingkatan, yang mana dalam penggunaannya tergantung dengan siapa lawan bicara. Di antara ketiga tingkatan bahasa Jawa itu adalah bahasa Jawa Ngoko, bahasa Jawa Madya, dan bahasa Jawa Kromo Inggil.

Quote bahasa Jawa. (uziyanuar)

Bahasa Jawa Ngoko juga disebut bahasa Jawa kasar. Bahasa Jawa ini digunakan untuk berbicara kepada teman yang seumur atau semua orang yang lebih muda. Kalo kamu ingin berbicara dengan orang yang dihormati atau orang yang lebih tua, hindari penggunaan pemakaian bahasa Jawa Ngoko. Karena jika sampai lalai, maka kamu akan dianggap sebagai orang yang kasar.

Bahasa Jawa Madya adalah bahasa Jawa yang paling banyak dipakai di masyarakat Jawa. Bahasa ini merupakan bahasa campuran antara Ngoko dan Kromo Inggil. Terkadang juga dipengaruhi dengan bahasa Indonesia. Jadi, penggunaan tingkatan bahasa ini sendiri mudah dipahami dan dimengerti.

Sedangkan untuk yang ketiga, yaitu bahasa Jawa Kromo Inggil. Bahasa ini adalah bahasa tingkat tertinggi dalam bahasa Jawa. Sedangkan untuk penggunaan, bahasa ini dipakai ketika lawan bicara kamu adalah orang yang lebih tua atau yang dihormati. 

Kata bijak bahasa Jawa. (kata bijak)

Dalam kebudayaan masyarakat Jawa, bahasa menempati posisi penting yang menentukan dan mencerminkan tata krama seseorang. Maka penting pula bagi kalian yang ingin belajar di Jawa untuk sedikit mempelajarinya. Salah bahasa, kadang juga bisa memancing keributan, lho.

Selain tingkatan, bahasa Jawa juga terkenal akan keindahan dan kedalaman peribahasanya. Oleh karena kedalaman maknanya, banyak orang tua dahulu seringkali menasehati anak, kawan atau tetangga menggunakan kata mutiara dari bahasa Jawa Kromo Inggil.

Nah, karena kamu sekarang sudah mengerti tentang kandungan mutiara bahasa Jawa sejak dalam penggunaan, kini kamu sudah siap untuk memahami kata-kata mutiara dari bahasa Jawa Kromo Inggil. Kalo kita pahami, artinya pun nggak kalah dalem dari kalimat-kalimat bijak motivator di televisi, gaes!

"Memayu Hayuning Bawono"

gbr 3

caption : Memelihara alam semesta. (syaifudin zuhri)

Kata mutiara bahasa Jawa Kromo Inggil di atas memiliki arti mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia. Artinya agar kita sebagai manusia bisa membantu peningkatan kesejahteran dan kemakmuran baik bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, hingga bangsa. Dalem, KAN?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"