Kasus COVID-19 Melonjak Naik, Apa Kabar Persediaan Tabung Oksigen?

Kasus COVID-19 Melonjak Naik, Apa Kabar Persediaan Tabung Oksigen?

Melonjaknya jumlah kasus COVID-19 di Tanah Air belakangan ini berimbas pada banyak sektor. Salah satunya adalah penyediaan tabung oksigen medis yang diperlukan sejumlah rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan pasien COVID-19 di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam menjalankan tugasnya, pihak yang berkaitan, yaitu Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII) dan para pelaku industri lainnya berupaya menjaga ketersediaan pasokan oksigen medis. Sinergi ini diharapkan dapat memacu percepatan penanganan lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di berbagai daerah.

Tabung Gas Oksigen (via GoNews.co)

Disamping itu, Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan jika Kemenperin akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) terkait pemutakhiran data tentang kebutuhan oksigen di daerah, terutama rumah sakit yang menampung pasien COVID-19. Hal ini dilakukan untuk memastikan pasokan oksigen sesuai dengan kebutuhan daerah serta rumah sakit setempat.

Agus menambahkan, agar suplai logistik gas oksigen bagi medis berjalan lancar, maka diharapkan ada kebijakan dispensasi bagi truk tangki yang membawa oksigen pada jalan-jalan tertentu, menuju rumah sakit yang membutuhkan. Hal ini dikarenakan adanya jalur yang tidak dapat dilalui oleh truk tangki oksigen dengan beban muatan yang cukup besar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"