Kasus Covid-19 Melonjak, Begini Protokol Sembelih Hewan Kurban dari MUI

Kasus Covid-19 Melonjak, Begini Protokol Sembelih Hewan Kurban dari MUI

Jelang Perayaan Hari Raya Idul Adha, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa Nomor 14 Tahun 2020, tentang penyelenggaraan Hari Raya Idul Adha. Salah satu poin yang diatur adalah menyembelih dan membagikan daging kurban di masa pandemi Covid-19.

Sejalan dengan hal tersebut, Sekretaris Jenderal MUI, Dr. Amirsyah Tambunan mengatakan bahwa Salat Idul Adha di lapangan dan pemotongan hewan kurban hanya boleh dilakukan untuk daerah dengan zona hijau atau daerah terkendali Covid-19.

"Jika wilayah masuk zona kuning atau merah, maka salat Idul Adha bisa dilakukan di rumah, dan pemotongan hewan bisa dilakukan di rumah potong lalu oleh panitia dagingnya dibagikan ke rumah warga atau diantar," ujar Amirsyah saat konferensi pers, Rabu (23/6/2021) lalu.

Sedangkan untuk zona hijau Covid-19, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Miftahul Huda mengatakan pemotongan hewan kurban tetap dilakukan dengan protokol kesehatan, menjaga jarak fisik dan meminimalisir terjadinya kerumunan.

Ilustrasi Pelaksanaan Salat Idul Adha Masa Pandemi (Liputan6.com)

Mencegah terjadinya kerumunan, Mitahul mengimbau panitia kurban untuk tidak memotong hewan kurban di satu hari sekaligus, tapi dibagi dalam 3 hari tasyrik yang berakhir pada 13 Dzulhijjah atau 3 hari setelah Hari Raya Idul Adha.

Selanjutnya, jika dulu penerima daging kurban diundang untuk datang mengambil daging, maka saat ini daging kurban diantarkan langsung ke rumah masing-masing penerima.

"Sedangkan untuk zona kuning atau merah Covid-19, kegiatan pemotongan hewan kurban diarahkan ke rumah potong hewan. Kemudian nanti dagingnya dibagikan panitia di rumah masing-masing," imbuh Miftahul.

Amirsyah menambahkan, tempat ibadah di zona merah akan ditutup, selaras dengan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro yang dibuat pemerintah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"