Kartu Tarot Apakah Ramalan? Begini Sejarahnya

Kartu Tarot Apakah Ramalan? Begini Sejarahnya

Kartu tarot menjadi salah satu metode paling terkenal dalam membaca masa depan, alias meramal. Gak cuma masa depan sih sebenarnya, kartu tarot juga bisa digunakan untuk membaca masa lalu. Tidak ada batasan waktu untuk membaca kartu tarot. Lalu kartu tarot apakah ramalan?

Kita telusur dari kemunculan metode ramalan ini. Begini sejarahnya.

Kartu tarot diabadikan bersama dengan pembacaan bola kristal dan seni ramal tapak tangan, sebagai salah satu metode peramalan keberuntungan yang paling ikonik di Barat. Kartu tarot modern memiliki 78 kartu yang dibagi menjadi dua kelompok besar yang disebut arcana, yang berarti “rahasia”.

Sejarah kartu tarot (horoscopes.lovetoknow.com)

Dikutip dari Beliefnet.com, sejarah kartu tarot yang paling awal diketahui dibuat pada abad ke-14. Popularitas permainan kartu meningkat setelah kartu permainan Mamluk dibawa ke Eropa Barat dari Turki. Kartu tarot pertama kemungkinan digunakan dalam permainan yang menjadi populer di Italia. Pada masa ini pembacaan tarot diungkapkan menjadi puisi.

Orang-orang modern yang justru mengaitkan kartu tarot dengan ramalan, sihir dan okultisme. Asosiasi mistis dan magis pada kartu tarot telah muncul sejak pertengahan abad ke-18 dan menyebar ke luar Italia. Seorang penulis Perancis, Antoine Court de Gebelin, mengklaim bahwa kartu tarot didasarkan pada buku suci yang ditulis oleh para pendeta Mesir kuno.

Itulah sekilas sejarah kartu tarot. Awalnya adalah permainan lalu digunakan sebagai alat bantu meramal.

Kartu tarot awalnya digunakan sebagai mainan (medium.com)

Pertanyaan selanjutnya, kartu tarot apakah ramalan yang benar?

Tarot reader adalah sebutan untuk pembaca kartu tarot. Tarot reader membaca makna simbolis dari setiap kartu dan membentuknya menjadi sebuah cerita. Daripada dirancang dengan pemikiran mistisisme, para tokoh pada kartu tarot ini dimaksudkan untuk mencerminkan "aspek-aspek penting dari dunia nyata". Simbol-simbol atau gambar pada setiap kartu mempunyai makna tersendiri untuk dibaca. Untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Pada dasarnya siapa saja bisa belajar membaca kartu tarot. Apakah kartu tarot ramalan yang benar itu tergantung juga dengan kepekaan pembaca tarot. Semakin tinggi intuisi pembaca tarot maka hasilnya akan lebih akurat. Sayangnya, tidak semua pembaca tarot itu benar-benar memiliki intuisi yang tinggi. Ada yang menjadi pembaca tarot hanya untuk mendapatkan uang saja.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"