Karakter Anak Tunggal Menurut Psikologi, Kayak Apa Sih?

Karakter Anak Tunggal Menurut Psikologi, Kayak Apa Sih?

Karakter Anak Tunggal

Di antara kalian pasti ada yang jadi anak tunggal. Anak tunggal itu adalah satu-satunya anak yang jadi penerus keluarga. 

Inilah yang membuat anak tunggal cukup unik dibanding mereka yang punya saudara. Konon nih, anak tunggal punya karakter spesial tersendiri, kayak apa sih?

Simak karakter anak tunggal menurut psikologi berikut ini.

1. Emosi terkendali

karakter anak tunggal (daily.jstor.com)

Melansir dosenpsikologi.com, mereka yang anak tunggal dianggap lebih bisa mengendalikan emosi dengan baik. Kemungkinan, ini karena mereka terbiasa sendiri dan hanya bersama ortu aja. Makanya, anak tunggal lebih dewasa secara emosional.

2. Mandiri

Anak tunggal biasanya nggak manja. Soalnya, mereka terbiasa buat melakukan banyak hal sendiri. Nggak ada saudara kandung membuatnya jadi mandiri.

Karena itu, biasanya mereka bukan jadi sosok yang manja. Sebaliknya, saat punya pacar, anak tunggal bisa jadi pacar yang bisa memanjakan kekasih.

3. Dekat dengan ortu

anak tunggal (todaysparent.com)

Jadi anak satu-satunya dalam keluarga, membuatnya sangat dekat sama orang tua. Ya gimana lagi, nggak ada kakak dan adek. Mereka selalu habisin waktu bareng orang tua sejak kecil. Entah buat belajar, makan bareng, dan jalan-jalan.

4. Percaya diri

Jadi anak tunggal membuatnya terbiasa jadi orang yang kuat. Karena mandiri dan nggak manja, mereka pun bakalan jadi pribadi yang percaya diri.

Karakter percaya diri pada anak tunggal juga disebabkan karena kasih sayang dari orang tuanya. Mereka nggak pernah kurang kasih sayang, makanya jadi percaya diri deh.

5. Teratur



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"