Kalian Penggemar Ikan Mujair? Berterimakasihlah Kepada Orang Ini

Kalian Penggemar Ikan Mujair? Berterimakasihlah Kepada Orang Ini

Tahukan kalian ikan mujair? Ikan mujair merupakan jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi. Bagi kalian yang belum mencoba makan ikan ini, segeralah coba gengs.

Ikan mujair (agronet.co.id)

Karena ikan ini memiliki rasa yang enak, dan juga memiliki tekstur daging yang sangat lembut. Kalian bisa mengkonsumsinya dengan cara dibakar, direbus untuk sup atau digoreng. Rasanya dijamin sedap, ketika dikunyah dimulut. Hmmm..

Jika kalian penggemar dari ikan ini, wajib kalian ketahui nih. Penemuan kerap diberi nama sesuai penemunya, termasuk ikan mujair. Ternyata penemu pertama kali ikan munjair adalah pria yang bernama Moedjair lho gengs. 

Pria asal Blitar yang biasa dipanggil Mbah Moedjair inilah, yang menemukan ikan mujair pertama kalinya pada tahun 1939. Atas penemuannya tersebut, nama ikan mujair kemudian diberi nama menggunakan nama penemunya.

Pemilik nama asli Iwan Dalauk atau yang biasa dipanggil Mbah Moedjair ini tinggal di Desa Kuningan, dekat Kota Blitar. Pertama kalinya, dia menangkap ikan jenis ini di muara sungai Serang Selatan, Blitar. 

Awalnya ikan mujair ini hidup di perairan asin atau laut lho gengs. Akan tetapi Mbah Moedjair ini, mencoba membudidayakan ikan ini ke rumahnya. Hal itu dikarenakan Mbah Moedjair melihat ikan ini unik, karena induk ikan ini akan memasukkan anak-anaknya ketika merasa terancam. Begitu sudah aman, nanti akan dikeluarkan lagi.

Proses budidaya ikan ini, yang Mbah Moedjair lakukan tidak berjalan mudah. Dia harus beberapa kali menangkap ikan dan membawanya pulang, soalnya ikan-ikan yang ditaruh di kolam air tawar itu pada mati semua.

Percobaan yang ke 11 nya berhasil, dengan mampu mempertahankan empat ekor ikan mujair untuk kemudian dikembangbiakkan. Berawal dari empat ekor tersebut, Mbah Moedjair sukses mengembangbiakkan ikan ini dan kemudian diperkenalkan ke tetangga-tetangganya.

Respon yang baik dari tetangganya itu, kemudian membuat Mbah Moedjair ini mendirikan kolam, harapannya agar semakin banyak berkembang. Dan hasilnya...Luar biasa, ikan mujair tersebut bisa kalian jumpai di pasaran.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"