Jenis Jenis Cerita Rakyat yang Sering Banget Kita Dengar

Jenis Jenis Cerita Rakyat yang Sering Banget Kita Dengar

Kalau kita telisik lebih dalam tentang jenis jenis cerita rakyat sebenarnya ada banyak banget ragamnya.

Mengingat bangsa kita adalah bangsa yang terdiri dari banyak pulau dengan bentang alam yang amat luas. Wajar dong kalau macam-macam ceritanya ....

Nah kali ini kita akan mengenali sedikit jenis jenis cerita rakyat yang sering banget kita dengarkan di masyarakat.

Bergenre Horor

Bergenre Horor Nyi Roro Kidul (geeq.id)

Bangsa kita kental banget dengan yang namanya magis. Karena dahulu kala bangsa kita, jauh sebelum menganut sistem agama, mereka menganut sistem animisme dan dinamisme.

Jadi wajar kalau kepercayaan seperti itu menjadi cerita rakyat yang tersebar. Jadi horor masuk ke dalam jenis jenis cerita rakyat yang sudah tersebar luas.

Contoh dari genre cerita rakyat horor seperti, Legenda Mak lampir, Ratu Pantai Selatan, dan masih banyak lainnya.

Bertemakan Fabel

Bertemakan Fabel Bertemakan fabel (inibudi.org)

Mengingat ada banyak suku bangsa kita, maka jenis jenis cerita rakyat juga bakalan beragam, dan salah satunya adalah fabel.

Fabel adalah sebuah cerita yang menceritakan tentang hewan-hewan yang seolah-olah mereka bisa berinteraksi seperti halnya manusia.

Jadi, wajar juga kalau ada legenda-legenda yang disisipkan cerita fabel seperti contohnya Baru Klinting yang menyerupai sosok ular besar, dan legenda Kancil yang pintar.

Sejarah

Sejarah Sejarah (mandailingonline.com)

Bicara tentang cerita rakyat tentunya tidak akan terlepas dari sejarah dong ya. Makanya ada jenis jenis cerita rakyat yang mengandung sejarah.

Makanya tak jarang akan ada cerita rakyat yang membahas tentang budaya dan kerajaan. Pastinya kalian tahu kan kisah tentang Ken Arok.

Nah jadi begitulah beberapa jenis jenis cerita rakyat yang biasa muncul dan diceritakan di Indonesia. Gimana pendapat kalian?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"